DXVK 2.1 Dirilis Dengan Dukungan HDR, Banyak Peningkatan Game

  • Post author:
  • Post category:Linux

DXVK 2.1 baru saja dirilis sebagai lapisan terjemahan Direct3D 9/10/11 ke Vulkan API yang terutama digunakan oleh Valve`s Steam Play (Proton) untuk membantu menjalankan game Windows dengan kecepatan tinggi di Linux.
DXVK 2.1 adalah rilis tag baru pertama untuk proyek sumber terbuka sejak November dan dengan demikian ada banyak hal yang tersedia. Fitur baru yang paling menonjol adalah DXVK 2.1 yang memiliki dukungan awal untuk Rentang Dinamis Tinggi (HDR) saat diaktifkan melalui variabel lingkungan “DXVK_HDR” atau file konfigurasi. Sehubungan dengan VKD3D-Proton 2.8+ ini memungkinkan penggunaan ruang warna HDR10 untuk game yang didukung. Namun, saat ini juga bergantung pada penggunaan kompositor Gamescope Valve dengan dukungan HDR yang baru ditambahkan. Masih ada lebih banyak pekerjaan desktop Linux yang harus dilakukan untuk dukungan HDR baik di ruang pengguna dan tumpukan yang lebih rendah dengan driver grafis Linux… Kemajuan yang baik sedang dibuat dan terima kasih kepada Valve jika menggunakan Gamescope hal itu menjadi mungkin, semoga saja di akhir tahun kami akhirnya melihat HDR menjadi lebih tersedia di desktop Linux.
DXVK 2.1 juga memiliki peningkatan kompilasi shader, kemampuan untuk mengaktifkan sample rate shading untuk semua shader di game lama, back-end GLFW untuk build DXVK native Linux sebagai alternatif dari back-end SDL2, dan banyak perbaikan dan peningkatan game lainnya.
DXVK 2.1 menghadirkan perbaikan/peningkatan untuk game seperti Ashes of the Singularity, Battlefield: Bad Company 2, Gujian 3, Resident Evil 4 HD, Saints Row: The Third, Sonic Frontiers, Supreme Commander: Forged Alliance, dan game lainnya. Ada juga sejumlah perbaikan Vulkan umum, logika pengiriman perintah D3D11 yang ditingkatkan untuk membantu memberikan kinerja keseluruhan yang lebih konsisten, dan perubahan lainnya.

Mereka yang membangun DXVK dari sumber dapat menemukan v2.1 di GitHub sementara Valve kemungkinan akan segera menyiapkan rilis Proton baru untuk dinikmati para gamer Steam Play.

Itulah berita seputar DXVK 2.1 Dirilis Dengan Dukungan HDR, Banyak Peningkatan Game, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.