DXVK 2.1 Dirilis dengan Dukungan HDR, Peningkatan Kompilasi Shader

  • Post author:
  • Post category:Linux


DXVK 2.1 Implementasi D3D9, D3D10, dan D3D11 berbasis Vulkan untuk Linux / Wine kini tersedia dengan fitur dan peningkatan baru untuk Anda semua gamer hardcore di luar sana.

Fitur baru terbesar dalam rilis DXVK 2.1 adalah dukungan HDR. HDR dapat diaktifkan untuk game pada sistem yang mendukung ruang warna HDR10 dengan menyetel variabel lingkungan DXVK_HDR=1 atau dengan menyetel opsi dxgi.enableHDR = True di file konfigurasi DXVK. Namun, karena saat ini tidak ada lingkungan desktop Linux utama yang mendukung HDR, pengguna memerlukan Sesi Gamescope dengan opsi –hdr-enabled diaktifkan. Selain itu, dukungan HDR hanya didukung dengan driver grafis AMDGPU open-source dan beberapa tambalan kernel dari cabang Josh Ashton.
“Dukungan D3D11 diterapkan, tetapi tidak diharapkan berfungsi di sebagian besar game karena biasanya memerlukan AMDAGS atau NVAPI untuk mengatur output HDR, daripada menggunakan API DXGI yang sesuai. Selain itu, hanya driver Nvidia yang diharapkan dapat bekerja di Windows,” catat pengembang dalam catatan rilis. Dukungan
HDR di Linux semakin meningkat setiap hari seperti yang dibagikan Pierre-Loup Griffais dari Valve di Twitter beberapa waktu lalu, kemajuan yang dibuat sejauh ini oleh pengembang Josh Ashton. Griffais mendemonstrasikan dukungan HDR pada desktop AMD-nya dengan video game Halo Infinite, Deep Rock Galactic, dan DEATH STRANDING DC.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Tonggak sejarah game Linux baru: dengan karya terbaru dari Josh Ashton, HDR sekarang dapat diaktifkan untuk game nyata! Mengujinya malam ini di desktop AMD saya dengan Halo Infinite, Deep Rock Galactic, DEATH STRANDING DC. Sangat awal dan masih membutuhkan waktu untuk memanggang agar berguna bagi kebanyakan orang. pic.twitter.com/S7DzLMe6Ng
— Pierre-Loup Griffais (@Plagman2) 3 Januari 2023
Selain dukungan HDR, DXVK 2.1 juga menghadirkan peningkatan kompilasi shader, backend GLFW untuk build DXVK asli Linux sebagai alternatif dari backend SDL2, seperti serta dua opsi baru (d3d9.forceSampleRateShading dan d3d11.forceSampleRateShading) untuk mengaktifkan sample rate shading untuk semua shader pada game lama yang mendukung MSAA.

Tentu saja, ada juga peningkatan biasa untuk berbagai game, termasuk Red Dead Redemption 2, Ashes of Singularitas, Battlefield: Bad Company 2, Cardfight!! Vanguard, Gujian 3, Resident Evil 4 HD, Saints Row: The Third, Sekiro: Shadows Die Twice, Sonic Frontiers, dan Supreme Commander: Forged Alliance.

DXVK 2.1 tersedia untuk diunduh sekarang dari halaman GitHub proyek jika Anda ingin mengompilasinya dari sumber. Jika tidak, Anda harus menginstalnya dari repositori perangkat lunak stabil distribusi GNU/Linux Anda untuk pengalaman bermain game yang lebih baik.

Sumber: Google, 9to5linux.com