Editor Teks GNU nano 6.0 Keluar dengan Nama Warna Baru, Penangguhan Diaktifkan secara Default


Editor teks baris perintah open-source GNU nano 6.0 sekarang tersedia sebagai pembaruan stabil pertama dalam seri 6.x editor CLI yang kuat ini yang dikirimkan dengan hampir semua distribusi GNU/Linux.

GNU nano 6.0 hadir untuk memperkenalkan berbagai fitur dan peningkatan pada editor teks baris perintah yang populer, termasuk opsi –zero baru untuk menyembunyikan bilah judul, bilah status, dan baris bantuan, dan menggunakan semua baris emulator terminal Anda sebagai area pengeditan.

Rilis ini juga memperkenalkan 14 nama warna baru, termasuk crimson, bit, brick, brown, oker, plum, rosy, sage, sand, sea, sky, slate, tawny, dan teal, serta kemampuan untuk menentukan warna sebagai angka heksadesimal tiga digit, dalam rgb format.

Perubahan menarik lainnya di GNU nano 6.0 adalah pengaktifan suspensi secara default, yang dapat dipanggil dengan ^T^Z. Perubahan ini menggantikan opsi -z, –suspendable, dan ‘set suspendable’, tetapi mereka yang benar-benar ingin menangguhkan nano dengan satu penekanan tombol masih memiliki kemampuan untuk menempatkan ‘bind ^Z suspend main’ di file nanorc mereka.

Selain itu, GNU nano sekarang akan membungkus garis keras saat menempelkan beberapa kata (tanpa jeda baris) dengan pembungkusan keras otomatis diaktifkan, mendukung pembersihan nama file saat ini dengan mengaktifkan Tambah atau Awal, dan menyertakan file sintaks YAML di tarball sumber.

Last but not least, rilis ini memperbarui –wordbounds untuk mempengaruhi jumlah kata seperti yang ditunjukkan oleh MD, memungkinkan GNU nano untuk menghitung kata seperti opsi ‘wc’. Jika opsi ini tidak diaktifkan, GNU nano sekarang akan menghitung kata dengan cara yang lebih manusiawi, dengan melihat tanda baca sebagai spasi, secara default.

Anda dapat mengunduh GNU nano 6.0 sekarang juga dari situs web resmi. Lihat halaman pengumuman rilis untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang disertakan dalam rilis ini, yang juga akan segera muncul di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com