Ekstensi AMD Zen 4 IBS Sedang Ditinjau Untuk Linux

Prosesor AMD Zen 4 yang akan datang membawa peningkatan pada kemampuan Pengambilan Sampel Berbasis Instruksi (IBS) mereka yang dapat digunakan oleh utilitas dan subsistem kinerja Linux yang luar biasa.
Pada akhir April adalah seri patch awal dengan seri revisi yang dikirim pagi ini untuk ekstensi IBS baru dengan AMD Zen 4. Seri patch juga terkenal karena menjadi seri patch kernel Linux pertama yang secara eksplisit merujuk “Zen4” daripada hanya menyebutnya arsitektur masa depan/yang akan datang. Semua seri patch Zen 4 terbaru lainnya baru saja menggunakan terminologi generik/tidak jelas meskipun kita semua tahu itu untuk Zen 4 mengingat irama upstreaming Linux AMD dan sejarah seputar waktu dukungan Linux mereka.
Zen 4 akan meningkatkan pengambilan sampel berbasis instruksi dengan menambahkan ekstensi sumber data serta kemampuan penyaringan miss cache L3 yang baru. Fitur Zen 4 IBS baru ini diringkas sebagai:
Ekstensi DataSrc menyediakan detail sumber data tambahan untuk operasi pemuatan/penyimpanan yang ditandai. Tambahkan dukungan untuk bit baru ini di laporan perf/skrip raw-dump.
Pemfilteran miss L3 IBS bekerja dengan menandai instruksi pada counter overflow IBS dan menghasilkan NMI jika instruksi yang ditandai menyebabkan kesalahan L3. Sampel tanpa L3 miss dibuang dan counter direset dengan nilai acak (antara 1-15 untuk fetch pmu dan 1-127 untuk op pmu). Ini membantu dalam mengurangi overhead pengambilan sampel ketika pengguna hanya tertarik pada sampel tersebut. Salah satu kasus penggunaan sampel yang difilter tersebut adalah untuk memasukkan data ke daemon migrasi halaman dalam sistem memori berjenjang.
Tambahkan dukungan untuk pemfilteran miss L3 di driver IBS melalui atribut pmu baru “l3missonly”. Lihat milis kernel untuk patch Zen 4 IBS ini jika Anda adalah pengguna performa Linux yang berat dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan baru ini.

Secara umum, selain pengambilan sampel berbasis instruksi perf yang berguna untuk pembuatan profil untuk kemungkinan optimasi dan debugging masalah, pengambilan sampel juga berguna untuk semakin banyak fitur kompiler karena dapat memberi makan hasil pengambilan sampel perangkat keras perf kembali ke kompiler untuk membantu dalam menghasilkan binari dioptimalkan berbasis profil. Dengan Intel yang telah lama menjadi yang terdepan dalam penghitung kinerja perangkat keras dan fungsionalitas yang diekspos di Linux, ada baiknya melihat beberapa peningkatan IBS datang dengan Zen 4.

Itulah berita seputar Ekstensi AMD Zen 4 IBS Sedang Ditinjau Untuk Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.