Ekstensi Matrix Arm Scalable Disiapkan Menjelang Linux 5.19

Sepertinya Linux 5.19 akan memiliki semua persiapan dasar untuk dukungan Arm Scalable Matrix Extension (SME).
Ekstensi Matriks Scalable (SME) adalah ekstensi baru untuk Armv9-A yang dibangun di atas ekstensi vektor SVE/SVE2 untuk memungkinkan penyimpanan ubin matriks, memuat/menyimpan/menyisipkan/mengekstrak vektor ubin, produk luar vektor SVE, dan mode streaming SVE . Mode SVE Streaming dengan SME memungkinkan penyimpanan dan instruksi SME baru ditambah subset instruksi SVE2 sementara meninggalkan mode streaming mengarah ke perilaku yang tidak berubah dari SVE2.
Arm SME

Pelajari lebih lanjut tentang Arm`s SME di community.arm.com.
Selain insinyur Arm yang mengerjakan perubahan sisi kompiler untuk dukungan Ekstensi Matriks yang Dapat Diskalakan, perubahan sisi kernel juga diperlukan dan itulah yang telah datang bersama dan tampaknya siap untuk Linux 5.19.
Melalui repositori ARM64 Git sekarang menjadi cabang for-next/sme yang berisi pekerjaan pengaktifan Arm Scalable Matrix Extension untuk kernel. Berbagai perubahan kernel diperlukan untuk mengaktifkan dukungan/penggunaan SME pada CPU Arm masa depan yang memiliki ekstensi ini. Ini juga mencakup dokumentasi tentang ABI yang terbuka untuk penggunaan SME untuk mode streaming baru dan perubahan pada kode SVE yang ada.
Sekarang dukungan dasar untuk Scalable Matrix Extension (SME) hadir memperkenalkan opsi Kconfig yang memungkinkannya untuk dibangun. Sementara register fitur tidak memaksakan persyaratan yang kuat untuk sistem dengan SME untuk mendukung SVE saat runtime, dukungan untuk mode streaming SVE sebagian besar dibagikan dengan SVE normal, jadi tergantung pada SVE. oleh sakelar waktu build ARM64_SME baru untuk mengaktifkan ekstensi SME.
Terlepas dari masalah apa pun yang muncul pada menit terakhir, dukungan Arm SME awal ini siap untuk digunakan di jalur utama Linux 5.19.

Itulah berita seputar Ekstensi Matrix Arm Scalable Disiapkan Menjelang Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.