Emmabuntüs 1.02 Membawa Barang Debian Bullseye 11.4, Meningkatkan Dukungan UEFI/Boot Aman

  • Post author:
  • Post category:Linux


Patrick d’Emmabuntüs dari Emmabuntüs Collective menginformasikan 9to5Linux.com tentang ketersediaan umum Emmabuntüs Debian Edition 4 1.02 sebagai pembaruan kecil kedua untuk distribusi Linux Emmabuntüs berbasis Debian Bullseye. pada rilis “Bullseye” Debian GNU/Linux 11.4 yang tiba bulan lalu dengan 79 pembaruan keamanan dan 81 perbaikan bug lain-lain.

Mendukung lingkungan desktop Xfce dan LXQt pada citra ISO yang sama, Emmabuntüs 1.02 menambahkan boot UEFI 64-bit pada 32 -bit ISO dan sebaliknya untuk meningkatkan penanganan UEFI dan Secure Boot, beralih ke font Liberation Sans untuk desktop LXQt secara default, dan menambahkan opsi MemTest86+ ke menu boot UEFI untuk memungkinkan Anda menguji RAM PC Anda untuk kesalahan.

The Penginstal grafis Calamares yang digunakan Emmabuntüs untuk memungkinkan Anda menginstal distribusi berbasis Debian di komputer telah diperbarui juga dalam rilis ini dengan slide ab baru kampanye penggunaan ulang yang dipromosikan Emmabuntüs Collective untuk menghidupkan kembali komputer yang sangat tua.

Juga diperbarui dalam rilis Emmabuntüs 1.02 adalah peta ruang komputer di aplikasi navigasi ToGo, agen DWService untuk akses dan administrasi jarak jauh, serta Buku pegangan Pemula Debian oleh arpinux ke versi 11.3.

Seperti yang diharapkan Emmabuntüs 1.02 dikemas dengan pilihan perangkat lunak yang diperbarui yang mencakup Mozilla Firefox 91.12 ESR, Mozilla Thunderbird 91.12, Ventoy 1.0.79, Warpinator 1.2.9, Radiotray-NG 0.2.8, TurboPrint 2.53 -1, Veracrypt 1.25.9, MintStick 1.4.9, dan gSpeech 0.11.0.

Ada juga perbaikan bug karena pengembang memperbaiki masalah dengan pemilihan keyboard yang tidak diluncurkan di bootloader SysLinux dan GRUB, crash Zenity yang terjadi saat menginstal bahasa baru paket, skrip perubahan bahasa karena penginstal Calamares, dan skrip pembuatan apt-cache.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis ini menghapus MultiSystem yang sudah usang, ndiswrapper, dan paket ndisgtk, serta pengaya Disconnect dan HTTPS Everywhere dari browser web Mozilla Firefox karena tidak diperlukan lagi.

Emmabuntüs Debian Edition 4 1.02 tersedia untuk diunduh sekarang juga dari situs web resmi sebagai 64-bit dan Gambar ISO langsung 32-bit. Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam rilis ini, lihat halaman pengumuman rilis.

Sementara itu, Patrick d’Emmabuntüs dan Emmabuntüs Collective sedang bekerja keras untuk rilis besar Emmabuntüs berikutnya, yaitu Emmabuntüs Debian Edition 5, yang akan tiba tahun depan berdasarkan pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” yang akan datang. Rilis alfa sekarang tersedia untuk pengujian publik di sini.
Unduh Emmabuntüs Debian Edition 4 1.02

Sumber: Google, 9to5linux.com