EndeavourOS Artemis Diluncurkan dengan Penginstal ARM, Linux 5.18, dan Calamares Terbaru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Bryan Poerwo hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum snapshot ISO EndeavourOS Artemis (22.6) untuk distribusi GNU/Linux berbasis Arch Linux yang mudah digunakan ini.

EndeavourOS Artemis hadir sekitar dua setengah bulan setelah EndeavourOS Apollo untuk membawa Anda media instalasi terkini yang berisi semua teknologi GNU/Linux terbaru dan terhebat, dimulai dengan seri kernel Linux 5.18 dan tumpukan grafis Mesa 22.1, dan dilanjutkan dengan penginstal grafis Calamares (3.2.60) terbaru.

EndeavourOS Artemis juga dilengkapi dengan WirePlumber sebagai manajer sesi dan kebijakan default untuk PipeWire, Budgie Control Center menawarkan pengalaman desktop Budgie yang lebih mulus dan asli, penginstal Xfce offline yang jauh lebih baik, dan dukungan untuk menurunkan versi paket melalui alat baris perintah baru yang disebut eos-downgrade.

Now , inilah yang saya sebut rilis distro dengan teknologi terbaru dan terhebat, dan didasarkan pada Arch Linux! Dan, selain itu, EndeavourOS baru juga memperkenalkan penginstal ARM baru untuk membuatnya sedikit lebih mudah untuk menginstal distribusi berbasis Arch Linux pada perangkat ARM.

Penginstal ARM terintegrasi diimplementasikan dalam dialog Selamat Datang yang muncul saat Anda memasuki sesi langsung. Ini menyediakan tahap pertama dari instalasi dua langkah EndeavourOS ARM, dan saya akan membicarakannya di artikel terpisah karena saya akan mencoba untuk menguji penginstal ARM baru pada Raspberry Pi 4 SBC.
saya“Pemasang baru adalah masih dalam versi beta, tetapi kami memiliki laporan yang berhasil tentang penginstalan yang sepenuhnya berfungsi di antara komunitas ARM kami,” kata pengembang EndeavourOS, Bryan Poerwo. “Karena masih dalam versi beta, penginstal hanya mendukung Odroid N2/N2+ dan Raspberry PI saat ini. Dukungan untuk perangkat lain seperti keluarga Pinebook dan lainnya sedang dalam proses.”
Dengan mengingat hal itu, Anda dapat melanjutkan dan mengeklik tautan unduhan langsung di bawah jika Anda ingin mencoba EndeavourOS Artemis di komputer pribadi atau perangkat ARM Anda. Pengguna EndeavourOS yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka dengan menjalankan perintah sudo pacman -Syu di terminal emulator.
Download EndeavourOS Artemis

Sumber: Google, 9to5linux.com