Fedora 36 Adalah Rilis Hebat Khususnya Untuk Penggemar Linux, Pengguna Listrik

Fedora 36 dirilis pagi ini sebagai rilis lain yang belakangan ini menjadi distribusi Linux yang sangat kuat dan berdarah-darah namun stabil dan andal. Saya telah menjalankan snapshot Fedora Workstation 36 dan Fedora Server 36 pada berbagai sistem di lab benchmarking saya dan rilis ini terbukti cukup solid sambil menambahkan fitur dan polesan baru di atas Fedora 35 yang luar biasa. Fedora 36 akan dirilis secara resmi dalam beberapa jam mendatang sementara saya hanya ingin menyampaikan ucapan selamat dan pemikiran awal saya atas rilis hebat ini, karena hari ini akan menjadi hari berita yang sangat sibuk. Fedora 36 adalah rilis yang solid bagi mereka yang menginginkan distribusi Linux yang kuat yang modern dan berwawasan ke depan jika Anda ingin menghindari Ubuntu 22.04 LTS karena penggunaan Snaps atau alasan lain, menginginkan sesuatu yang sedikit lebih dapat diandalkan daripada rilis bergulir seperti Arch Linux dan turunannya sementara masih mengirimkan versi perangkat lunak saat ini, atau tidak puas dengan distribusi lainnya.

Fedora 36 menggunakan GNOME 42 untuk lingkungan desktop Fedora Workstation default, OpenSSL 3.0, kernel Linux 5.17 adalah versi yang digunakan saat ini, Mesa 22.0 untuk driver grafis open-source, dan ketika menggunakan driver berpemilik NVIDIA, susun sesi Wayland sekarang menjadi default di atas X.Org. Juga di bagian depan Fedora Workstation, font Google Noto sekarang digunakan sebagai set font default.

Untuk pengembang, Fedora 36 menawarkan tumpukan kompiler GCC 12 yang sangat baru. Ada juga Autoconf 2.71, Glibc 2.35, LLVM 14, Ruby 3.1, Ruby on Rails 7.0, PHP 8.1, dan paket update lainnya. OpenJDK 17 menyediakan lingkungan Java default yang diperbarui pada Fedora 36. Ada juga pembaruan paket lain yang mungkin menarik bagi beberapa seperti Ansible 5, Django 4.0, LXQt 1.0, PostgreSQL 14, dan Stratis 3.0.

Selain pengiriman dengan kernel Linux dan driver grafis Mesa terbaru dan default ke Wayland untuk tumpukan driver berpemilik NVIDIA, ada juga perubahan grafis penting lainnya dengan rilis ini. Fedora 36 sekarang menggunakan SimpleDRM dan kode emulasi DRM FBDEV untuk menggantikan driver FBDEV konvensional sebagai langkah maju modern lainnya.

Sejauh ini saya telah mencoba Fedora Workstation/Server 36 di sekitar selusin sistem tanpa masalah yang perlu diperhatikan. Sudah berjalan dengan baik dan berharap dapat menggunakan Fedora 36 pada sistem produksi utama saya ketika saya memutakhirkan laptop saya berikutnya (karena pengalaman dari masa lalu dan kenangan lama, hingga hari ini saya masih tidak mempercayai pembaru distribusi pada sistem utama saya bahwa itu tidak sebanding dengan kerumitannya, meskipun Fedora adalah binatang yang jauh lebih jinak akhir-akhir ini).

Fedora 36 akan tersedia untuk diunduh pagi ini di GetFedora.org.

Itulah berita seputar Fedora 36 Adalah Rilis Hebat Khususnya Untuk Penggemar Linux, Pengguna Listrik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.