Fedora 37 Dihapus Untuk Mengirimkan Penginstal Berbasis Web UI Eksperimental

  • Post author:
  • Post category:Linux

Red Hat telah mengerjakan UI berbasis web untuk penginstal sistem operasi Anaconda dan untuk rilis Fedora 37 musim gugur ini mereka berencana untuk memiliki pratinjau opsional dari antarmuka penginstal baru ini.
Pemasang Anaconda yang telah lama digunakan oleh RHEL dan Fedora mengandalkan antarmuka grafis berbasis GTK tetapi selama beberapa bulan terakhir mereka telah berupaya menambahkan UI berbasis web yang juga dapat diintegrasikan sebagai bagian dari proyek Kokpit Red Hat untuk pemasangan jarak jauh/tanpa kepala.
Sementara UI web baru masih dalam pengembangan, mereka telah merencanakan pratinjau UI pemasangan berbasis web baru dengan Fedora 37.
Anaconda Web UI yang baru masih cukup sederhana dan sedang disempurnakan tetapi dukungan pratinjau ini akan memungkinkan lebih banyak umpan balik dan pengujian. Tujuannya adalah untuk menyediakan UI alternatif ini sebagai gambar pemasangan berbeda yang tersedia segera setelah rilis resmi.
Anaconda Web UI akan menyediakan antarmuka pengguna modern yang responsif berdasarkan toolkit (PatternFly) yang terkenal dan banyak digunakan dan didukung oleh peralatan Cockpit yang telah terbukti.
Tata letak layar didasarkan pada pedoman desain UX terbaru serta pengujian kegunaan antarmuka baru dan pekerjaan mockup yang ekstensif.
Ada peningkatan dalam pengalaman pengembang juga karena teknologi UI yang lebih modern & lebih utama yang dipilih dan alat uji Cockpit yang kuat (pengujian unit yang kaya serta kerangka uji piksel). Properti tanpa kewarganegaraan dari UI Web memungkinkan gaya pengembangan UI yang hampir live-coding. Ini akan mempermudah pengerjaan Anaconda Web UI tidak hanya untuk tim Anaconda, pengembang addon, tetapi juga untuk kontributor yang tertarik.
Akses UI Web jarak jauh juga harus memberikan pengalaman yang jauh lebih baik daripada dukungan instalasi GUI jarak jauh berbasis VNC yang lambat dan tidak efisien yang dimiliki Anaconda saat ini. Karena tidak perlunya rendering lokal, penginstalan GUI yang digerakkan dari jarak jauh pada perangkat keras terbatas dengan gambar penginstalan minimal seharusnya menjadi mungkin. Berita terbaru tentang upaya penginstal berbasis web baru ini adalah Fedora Engineering and Steering Committee (FESCo) telah menyetujui fitur ini untuk Fedora 37. Jadi dengan asumsi tidak ada masalah teknis yang muncul dan pratinjau dapat dibuat tepat waktu, mereka yang ingin mencoba penginstal berbasis web modern ini dapat melakukannya pada akhir Oktober dengan Fedora 37.
Red Hat bukan satu-satunya yang mengejar penginstal OS berbasis web modern tetapi SUSE juga bekerja pada D-Installer sebagai penginstal distribusi Linux berbasis web baru mereka.

Itulah berita seputar Fedora 37 Dihapus Untuk Mengirimkan Penginstal Berbasis Web UI Eksperimental, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.