Fedora 37 Mempertimbangkan Penghapusan Driver X.Org Legacy

Menambah perubahan menarik yang sedang dikerjakan untuk Fedora 37 yang akan dirilis akhir tahun ini adalah penghapusan driver X.Org lawas. Fedora sedang mempertimbangkan untuk menghapus jalur driver grafis lama yang tidak kompatibel dengan menjalankan Wayland. Proposal perubahan yang diajukan minggu ini oleh Adam Jackson Red Hat adalah untuk menghapus driver VESA dan FBDEV X.Org dan pada gilirannya terkait kode dukungan dari Server X.Org yang mengarah ke penggunaan driver tersebut. Ini adalah bagian dari transisi lebih jauh dari X11 dan berfokus pada dukungan Wayland. Kode driver FBDEV/VESA X.Org tidak terpelihara dengan baik dan sebagian besar digunakan oleh kartu grafis usang yang tidak memiliki akselerasi perangkat keras. Ajax menjelaskan dalam proposal perubahan F37, “Kedua driver ini agak usang di hulu, dan kode untuk menjangkau mereka semakin rapuh karena semakin jarang digunakan. Perubahan ini akan mengidentifikasi konfigurasi tersisa yang dapat menjangkau driver ini, menetapkan alternatif untuk menampilkan dukungan untuk setiap konfigurasi, dan kemudian menghapus driver dan kode dukungannya di xserver.” Rencana untuk menghapus jalur kode driver X11 lawas ini diatur melalui Fedora Wiki. Di milis Fedora sejauh ini ada beberapa kekhawatiran yang muncul tentang penghentian dukungan driver FBDEV/VESA X.Org tetapi kemungkinan besar akan melalui sebagai bagian dari fokus berkelanjutan Fedora untuk lebih banyak bertransisi ke Wayland dan menghapus perangkat keras yang lebih tua/usang secara bertahap mendukung. Fedora terus berupaya menghapus dukungan perangkat keras usang untuk memfokuskan sumber daya mereka pada penanganan terbaik perangkat keras baru.

Fedora 37 juga merupakan rilis di mana mereka mengincar penghentian dukungan BIOS lama, berhenti membangun paket i686 yang tidak digunakan dan menghentikan dukungan Armv7. Fedora 37 harus keluar pada bulan Oktober.

Itulah berita seputar Fedora 37 Mempertimbangkan Penghapusan Driver X.Org Legacy, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.