Fedora 37 Perencanaan Untuk Binutils 2.38, GNU C Library 2.36

  • Post author:
  • Post category:Linux

Seharusnya tidak mengejutkan sama sekali bagi pengguna Linux lama yang menyadari bagaimana Fedora Linux cenderung selalu dikirimkan dengan dukungan rantai alat kompiler open-source paling modern, tetapi untuk Fedora 37 musim gugur ini mereka kembali merencanakan yang terbaru dan terhebat.
Fedora 36 musim semi ini dikirimkan dengan kompiler GCC 12 secara default meskipun baru saja dirilis beberapa hari sebelumnya berkat penundaan rilis F36. Rilis musim semi Fedora cenderung dikirimkan dengan Koleksi Kompilator GNU terbaru dan biasanya merupakan salah satu sistem operasi pertama yang melakukannya. Dengan Fedora 37 itu akan dikirimkan dengan rilis 12 poin GCC terbaru.
Sementara yang direncanakan untuk Fedora 37 adalah GNU Binutils 2.38 dan GNU C Library 2.36 yang belum dirilis. Binutils 2.38 dirilis kembali pada bulan Februari dengan dukungan CPU LoongArch, Intel AVX-512 FP16, mendukung inti Arm yang lebih baru, dan peningkatan lain pada utilitas biner GNU ini. Itu tidak membuat F36 tetapi di Fedora Rawhide dan direncanakan menjadi versi Binutils untuk Fedora 37.
Glibc 2.36 sementara itu harus keluar pada bulan Agustus. Glibc 2.36 diharapkan memiliki dukungan LoongArch, menjatuhkan berbagai jalur kode yang dioptimalkan SSSE3, fungsi pidfd_open / pidfd_getfd / pidfd_send_signal baru di Linux, dukungan untuk format relokasi relatif DT_RELR, fungsi process_madvise dan process_mrelease ditambahkan, DNS stub resolver no-aaaa diperkenalkan dan fungsi fsopen / fsmount / move_mount ditambahkan untuk API pemasangan kernel Linux yang baru.
Toolchain GNU yang direncanakan untuk Fedora 37 dapat ditemukan melalui proposal perubahan ini karena sebagian besar merupakan formalitas mengingat sejarah Fedora tentang dukungan toolchain tepi berdarah.
Di luar ruang GNU, rilis Fedora 37 pada akhir Oktober juga berencana untuk LLVM 15 yang pada gilirannya akan melihat rilis stabilnya pada bulan September.

Itulah berita seputar Fedora 37 Perencanaan Untuk Binutils 2.38, GNU C Library 2.36, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.