Fedora 37 Terlihat Lebih Baik Mengelola 175MB+ Gumpalan Firmware Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ukuran pohon linux-firmware.git terus berkembang dengan Linux yang terus mendukung semakin banyak perangkat keras modern yang semakin bergantung pada gumpalan firmware untuk pengoperasiannya. Sebagian besar distribusi Linux seperti Fedora akhirnya menginstal seluruh rangkaian file firmware Linux ini yang dapat dengan mudah berukuran 200~300MB meskipun sebagian besar sistem hanya menggunakan beberapa file pilihan. Dengan Fedora 37 akhir tahun ini mereka berharap untuk menangani situasi dengan lebih baik dengan memisahkan firmware-linux dan hanya menginstal set paket firmware tergantung pada perangkat keras yang sebenarnya digunakan.
OpenSUSE telah melakukan pekerjaan di area ini dengan perangkat lunak Zypper mereka untuk memisahkan paket firmware Linux dan kemudian menginstal paket yang diperlukan berdasarkan perangkat keras yang ada di sistem yang berjalan. Insinyur Facebook/Meta telah mengusulkan pendekatan serupa untuk Fedora 37 di mana set linux-firmware akan dipecah menjadi paket yang lebih kecil dan kemudian melalui integrasi DNF, file firmware yang diperlukan akan diinstal secara otomatis.
Proposal yang disusun untuk Fedora 37 akan mencakup pemisahan CPU, GPU, berbagai adaptor nirkabel/WiFi, dan file Bluetooth ke dalam paket firmware terpisah. Kemudian melalui plug-in DNF berdasarkan perangkat keras yang digunakan, itu akan bertujuan untuk secara otomatis menginstal hanya set firmware yang benar-benar akan digunakan oleh perangkat keras yang diberikan. Pada gilirannya ini dapat membebaskan bagian yang lebih baik dari 200~300MB file firmware per sistem. Atau akan ada paket “linux-firmware-all” bagi mereka yang masih ingin menyimpan semua file firmware di sistem lokal mereka.

Dengan ukuran linux-firmware.git yang membengkak, masuk akal dan mudah-mudahan lebih banyak distribusi Linux akan beralih ke pendekatan serupa… Atau setidaknya memasukkan firmware untuk perangkat keras yang jauh lebih tua ke dalam paket terpisah atau menemukan cara inovatif lain untuk menanganinya kumpulan binari firmware yang semakin berkembang yang dapat digunakan oleh driver kernel Linux.
Proposal perubahan Fedora 37 untuk memerintah dalam paket firmware Linux dapat ditemukan melalui Fedora Wiki. Usulan perubahan ini masih perlu disetujui oleh Fedora Engineering and Steering Committee (FESCo).

Itulah berita seputar Fedora 37 Terlihat Lebih Baik Mengelola 175MB+ Gumpalan Firmware Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.