Fedora Akhirnya Dapat Memberikan Dukungan Resmi Untuk Raspberry Pi 4

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sepopuler Raspberry Pi 4 sejak diluncurkan pada 2019, Fedora belum secara resmi mendukung komputer papan tunggal Arm ini dengan distribusi Linux-nya. Tapi sekarang berkat upstream, akselerasi grafis open-source akhirnya datang bersama-sama untuk Raspberry Pi 4, dengan Fedora 37 mereka mungkin akhirnya memberikan dukungan “resmi” untuk papan pengembang yang populer dan berbiaya rendah ini.
Raspberry Pi 4 telah bekerja dengan Fedora Arm untuk kebutuhan server dan IoT, tetapi sebenarnya belum menjadi target utama untuk Fedora Workstation (desktop) pada Raspberry Pi 4. Karena kurangnya dukungan grafis yang dipercepat dan fungsi lainnya tidak hulu pada saat itu telah menjadi penghambat mereka. Tetapi sekarang dengan kernel hulu dan Mesa yang bersatu untuk Raspberry Pi 4 dan peningkatan hulu lainnya untuk menangani Arm SBC berbiaya rendah ini, ada proposal perubahan yang tertunda oleh Fedora untuk “secara resmi mendukung [the] Raspberry Pi 4.”

Harapan dengan proposal perubahan ini adalah untuk memberikan lebih banyak dukungan “resmi” untuk Fedora Linux pada perangkat keras Raspberry Pi 4B / 400 / CM4. Dukungan driver grafis open-source hulu harus dalam kondisi yang baik untuk OpenGL (ES) dan Vulkan, berkabel jaringan dalam kondisi yang baik, dan fungsi utama lainnya dengan pengecualian WiFi dan mungkin audio.
Lihat proposal perubahan Fedora dari Dukungan Resmi Raspberry Pi 4 untuk detail lebih lanjut tentang peningkatan dukungan Raspberry Pi 4 yang direncanakan ini dengan Fedora 37.

Itulah berita seputar Fedora Akhirnya Dapat Memberikan Dukungan Resmi Untuk Raspberry Pi 4, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.