Fedora Berencana Memperkenalkan Perubahan Manajemen Paket Utama Tahun Depan

Sementara selama masa-masa gila ini rasanya Fedora beralih dari Yum ke DNF kemarin, sudah setengah dekade sejak manajer paket DNF menjadi default di Fedora. Tahun depan dengan Fedora 38 mereka melihat manajemen paket yang berkembang lebih lanjut melalui MicroDNF.

Kode manajemen paket MicroDNF yang baru bertujuan untuk menyediakan semua fitur utama DNF tanpa kehilangan jejak minimalnya. Proposal perubahan untuk peningkatan besar MicroDNF di Fedora 38 menjelaskan, “Microdnf utama yang baru akan memberikan peningkatan besar dan dalam beberapa kasus perilaku yang lebih baik daripada DNF. Di masa depan, Microdnf baru akan menggantikan DNF.

Microdnf baru akan disertai dengan perpustakaan baru (libdnf5) dan Daemon DNF baru.” Evolusi manajemen paket di Fedora ini akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan kemajuan pelaporan yang lebih baik, penyelesaian Bash yang lebih baik, tabel transaksi yang ditingkatkan, dan banyak lagi. Pustaka DNF yang ditingkatkan (libdn5) diharapkan memberikan modularitas yang lebih baik, antarmuka pengguna terpadu, peningkatan plug-in, daemon baru, peningkatan kinerja, dan banyak lagi.

Namun dalam transisi manajemen paket MicroDNF ini, pengembang mengakui bahwa beberapa perilaku / antarmuka baris perintah tidak akan dipertahankan 100% sama dan perubahan juga akan menghasilkan database internal / perubahan struktural. Satu perubahan penting adalah bahwa penghapusan paket tidak akan lagi memicu penghapusan dependensi yang tidak digunakan.

Pekerjaan MicroDNF ini sedang direncanakan untuk rilis Fedora 38 yang akan keluar sekitar satu tahun dari sekarang, bukan siklus Fedora 37 yang akan debut musim gugur ini. Detail lebih lanjut tentang paket MicroDNF ini untuk Fedora 38 melalui Fedora Wiki.

Itulah berita seputar Fedora Berencana Memperkenalkan Perubahan Manajemen Paket Utama Tahun Depan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.