Fedora Membuat Kemajuan Pada Paket Radeon ROCm, Tetapi Masih Perlu Mendarat OpenCL / HIP

Tahun lalu, pengembang dan pengguna Fedora mendiskusikan pengemasan komponen ROCm untuk mempermudah penerapan tumpukan komputasi GPU sumber terbuka Radeon ini. Lima bulan kemudian, beberapa komponen Radeon Open eCosystem telah berhasil masuk ke Fedora untuk pemasangan yang lebih mudah tetapi front-end HIP dan OpenCL ke ROCm belum berhasil dikemas.
Jeremy Newton yang bekerja untuk AMD tetapi merupakan kontributor Fedora dan mengerjakan paket-paket ini dalam waktu pribadinya memberikan pembaruan tentang upaya pengemasan AMD ROCm saat ini. Dia bisa mendapatkan beberapa paket ROCm yang dibundel untuk Fedora tetapi pemblokir utama perlu mendapatkan front-end seperti ROCm`s OpenCL atau bit ROCm HIP untuk porting dari CUDA untuk dikemas sehingga pekerjaan ini akan berguna untuk pengguna akhir.
Beberapa paket AMD ROCm tersedia di Fedora 36 tetapi belum cukup untuk pengguna akhir yang ingin mulai menikmati OpenCL dan porting HIP kode CUDA untuk akselerasi GPU Radeon di distro populer ini. Posisi formal AMD untuk paket ROCm difokuskan pada distribusi Linux perusahaan besar dan di mana mereka menghosting paket resmi mereka.

Jeremy telah menyiapkan repositori ROCm OpenCL Copr bagi mereka yang ingin mencoba paket eksperimentalnya di bagian depan itu. Dia mencatat, “Mereka agak kasar di tepinya, tetapi pada akhirnya saya tidak memiliki kemampuan untuk menjadi pengelola utama untuk ini. Dengan itu, saya mendorong siapa pun untuk dengan bebas mengambil pekerjaan saya sebagai titik awal. Saya akan juga tertarik untuk secara tidak berkomitmen membantu menjaga paket tetap terbarui jika mereka mendarat di Fedora.”
Pengemasan ROCm HIP untuk Fedora lebih rumit daripada dukungan OpenCL. Dia juga mencatat beberapa komplikasi dengan desain ROCm, “Saya pikir satu hal yang paling mengganggu saya adalah bundling. Keduanya menggabungkan pustaka statis yang disebut “ROCclr” dan beberapa header OpenCL yang lebih lama. HIP juga menggabungkan beberapa rocm-opencl , bersama dengan header khronos.”
Lihat utas milis ini untuk pembaruan terbaru tentang paket ROCm untuk Fedora.

Itulah berita seputar Fedora Membuat Kemajuan Pada Paket Radeon ROCm, Tetapi Masih Perlu Mendarat OpenCL / HIP, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.