Feren OS 2022.03 Berbasis Ubuntu Dirilis dengan KDE Plasma 5.24 LTS, Berbagai Peningkatan

  • Post author:
  • Post category:Linux


Feren OS 2022.03 telah dirilis sebagai rilis ISO terbaru dan terbaru dari distribusi berbasis Ubuntu ini yang menampilkan lingkungan desktop KDE Plasma dengan sentuhan futuristik.

Feren OS 2022.03 hadir hampir enam bulan setelah snapshot ISO sebelumnya, Feren OS 2021.10, dan ini adalah rilis ISO pertama dari distribusi berbasis Ubuntu yang dikirimkan dengan seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 LTS terbaru dan terhebat.

KDE Plasma 5.24.3 disertakan secara default dalam media yang diperbarui ini, bersama KDE Frameworks 5.92 dan KDE Rangkaian perangkat lunak aplikasi 21.12.3, semuanya dikompilasi dengan kerangka aplikasi sumber terbuka Qt 5.15.3. Dengan ini, Menu Aplikasi dan Jam Feren OS telah dibuat ulang berdasarkan kode Plasma 5.24.

Dengan perpindahan ke seri KDE Plasma 5.24 LTS, Feren OS tidak lagi menggunakan utilitas Pewarna Tema karena desktop Plasma kini hadir dengan dukungan untuk warna aksen built-in. Pewarna Tema masih ada untuk sesi Feren OS Klasik, tetapi tidak lagi diinstal secara default di image ISO.
“Setiap pewarnaan aksen yang dibuat dengan Pewarna Tema, untuk pengguna Feren OS yang ada, telah dicadangkan dan disimpan ke file teks di folder Beranda Anda sehingga Anda dapat menerapkannya lagi dengan opsi Warna Aksen Kustom baru kapan pun Anda mau,” kata pengembang Feren OS dalam pengumuman rilis.
Di antara perubahan lainnya, rilis Ferens OS 2022.03 menambahkan tombol Ikhtisar ke folder tata letak desktop, menjadikan KWrite sebagai editor teks desktop default alih-alih Kate, meningkatkan tombol bilah judul untuk gaya dekorasi jendela, dan memperkenalkan tata letak panel yang didesain ulang untuk tata letak desktop Mode Tablet.

Karena ini hanya snapshot ISO terkini dari distribusinya, pengguna Feren OS yang ada tidak perlu mengunduhnya. Anda dapat memperbarui instalasi Anda dan menerima semua fitur dan peningkatan di atas hanya dengan masuk ke utilitas Update Manager, menekan tombol “Refresh”, dan menginstal semua pembaruan yang tersedia.

Jika Anda ingin mencoba Feren OS di komputer pribadi Anda, Anda dapat mengunduh rilis ISO 2022.03 sekarang dari situs web resmi atau dengan mengklik tautan unduhan langsung di bawah ini. Di bawah tenda, Feren OS 2022.03 didukung oleh kernel Linux 5.13 dari Ubuntu 21.10 (Impish Indri).
Download Feren OS 2022.03
Terima kasih Daniel untuk tipnya!

Sumber: Google, 9to5linux.com