Firefox 100 Memasuki Pengujian Beta dengan GTK Overlay Scrollbars Diaktifkan secara Default


Tidak lama setelah merilis browser web Firefox 99 awal minggu ini, Mozilla mempromosikan rilis besar berikutnya, Firefox 100, ke saluran beta untuk pengujian publik guna memberi kita gambaran awal tentang fitur dan peningkatan baru.

Selain dari perubahan nomor versi utama, Firefox 100 dilengkapi dengan bilah gulir overlay GTK yang diaktifkan secara default sehingga tidak memakan ruang saat Anda menjelajah Internet dan juga untuk membuat peramban web sumber terbuka terlihat lebih modern.

Di Linux, pengguna akan dapat mengaktifkan atau menonaktifkan bilah gulir overlay GTK melalui opsi “Selalu tampilkan bilah gulir” baru yang diterapkan di bagian Penjelajahan di bawah Pengaturan> Umum. Secara default, opsi dinonaktifkan, yang berarti bahwa scrollbar overlay GTK diaktifkan.

Juga di Pengaturan > Umum, Anda sekarang akan melihat sub-bagian “Tampilan situs web” baru di bawah bagian Bahasa dan Tampilan, dari mana Anda akan berada dapat memilih skema warna pilihan Anda untuk situs web yang beradaptasi dengan skema warna. Anda dapat memilih dari empat opsi: tema Firefox, Tema sistem, Terang, atau Gelap.

Firefox 100 juga menjanjikan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang jauh lebih baik yang mendukung teks atau subtitle di video YouTube, Amazon Prime Video, dan Netflix, yang dapat diaktifkan pengguna di pemutar video dalam halaman, serta teks video di situs web yang menggunakan format WebVTT (Web Video Text Track).

Di antara perubahan lainnya, rilis Firefox 100 mendatang menambahkan dukungan untuk beberapa kamus bahasa di pemeriksa ejaan bawaan, serta dukungan untuk pengisian dan pengambilan otomatis kartu kredit di Inggris Raya .

Firefox 100 akan dirilis secara resmi pada 3 Mei 2022. Sampai saat itu, jika Anda ingin mengujinya untuk melihat fitur dan peningkatan baru, Anda dapat mengunduh rilis beta Firefox 100 terbaru sekarang juga dari situs web resmi .

Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis yang tidak cocok untuk pekerjaan produksi dan bahwa beberapa situs web mungkin tidak berfungsi dengan benar dengan nomor versi tiga digit baru Firefox (mis. 100).

Sumber: Google, 9to5linux.com