Firefox 100 Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Mengaktifkan Scrollbars Overlay GTK di Linux


Ya, Firefox 100 akhirnya hadir, dan sepertinya telah disetujui untuk dirilis oleh Mozilla pada 3 Mei 2022, tetapi Anda dapat mengunduhnya sekarang dari saluran resmi jika Anda tidak sabar untuk menikmati fitur dan peningkatan baru.

Firefox 100 memiliki beberapa fitur baru yang menarik sejak versi 100 dan sebagainya. Untuk pengguna Linux, ini memungkinkan scrollbar overlay GTK secara default, yang berarti Anda sekarang akan melihat scrollbar ramping dan tipis di halaman web saat menggulir, bukan scrollbar lama dan tebal, yang masih akan muncul di mouseover.

Hal keren lainnya tentang yang baru Scrollbar overlay GTK adalah scrollbar yang akan hilang secara otomatis setelah beberapa detik jika tidak ada scroll yang terdeteksi, yang membuat membaca lebih mudah di beberapa situs web.

Scrollbar overlay GTK diaktifkan pada rilis sebelumnya, Firefox 99, tetapi tidak diaktifkan secara default. Mozilla menambahkan opsi baru di Pengaturan > Umum yang disebut “Selalu tampilkan bilah gulir”, yang memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan bilah gulir hamparan GTK.

Fitur baru keren lainnya di Firefox 100 adalah sub-bagian “Tampilan situs web” baru di bawah bagian Bahasa dan Penampilan di Pengaturan > Umum, yang memungkinkan Anda memilih skema warna pilihan untuk situs web yang beradaptasi dengan skema warna. Anda dapat memilih dari empat opsi: Firefox theme, System theme, Light, atau Dark.

Di antara beberapa peningkatan yang diterapkan di Firefox 100, ada dukungan untuk teks atau subtitle di YouTube, Amazon Prime Video, dan video Netflix untuk Picture-in- Fitur Picture (PiP), bersama dengan dukungan untuk teks video di situs web yang menggunakan format WebVTT (Web Video Text Track).

Selain itu, fitur browser web sekarang menawarkan dukungan untuk beberapa kamus bahasa di pemeriksa ejaan bawaan, dukungan untuk kartu kredit autofill dan capture di Inggris, serta perbaikan bug dan patch keamanan biasa untuk menjaga sesi berselancar Internet Anda lebih aman dan andal.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Mozilla berencana untuk secara resmi mengumumkan rilis Firefox 100 pada 3 Mei 2022, tetapi jika Anda ingin mengunduhnya sekarang, Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi server unduhan resmi.

Jika Anda menginstal Firefox dari tempat lain, seperti repositori distro Anda, tunggu sampai mendarat di sana untuk memperbarui, yang akan terjadi akhir minggu ini. Detail lebih lanjut tentang rilis Firefox 100 akan diumumkan besok, jadi nantikan pembaruan artikel dengan perubahan lengkap.

Sumber: Google, 9to5linux.com