Firefox 106 Menjanjikan Fitur Anotasi PDF, Peningkatan Berbagi Layar Wayland

  • Post author:
  • Post category:Linux


Dengan rilis Firefox 105 keluar dari pintu, Mozilla telah mempromosikan rilis utama yang akan datang, Firefox 106, ke saluran beta untuk pengujian publik agar kami dapat merasakan fitur dan peningkatan baru lebih awal.

Firefox 106 tidak akan menjadi besar perbarui ke browser web open-source dan lintas platform, tetapi itu akan membawa beberapa perubahan menarik bagi mereka yang banyak berurusan dengan dokumen PDF, seperti kemampuan anotasi di penampil PDF bawaan untuk memungkinkan Anda menulis teks, menggambar, atau tambahkan tanda tangan ke file PDF.

Fitur ini diterapkan pada rilis Firefox sebelumnya, tetapi tidak diaktifkan secara default, yang berarti Anda harus mengaktifkannya secara manual dari pengaturan about:config dengan menyetel variabel pdfjs.annotationEditorMode dari -1 ke 0. Dengan rilis Firefox 106, kemampuan anotasi PDF akan diaktifkan secara default.

Selain itu, rilis Firefox 106 mendatang menjanjikan peningkatan besar pada kemampuan WebRTC, yang akan didasarkan pada lib perpustakaan webrtc v103. Ini meningkatkan berbagi layar Windows dan Wayland, meningkatkan kinerja dan keandalan RTP, menawarkan statistik yang lebih kaya, dan menurunkan penggunaan CPU dan meningkatkan kecepatan bingkai pada macOS selama tangkapan layar WebRTC.

Hal lain yang saya perhatikan adalah layar selamat datang baru bagi mereka yang mencoba Firefox untuk pertama kali, membantu mereka mengatur browser web sumber terbuka sesuka mereka dengan menyetelnya sebagai browser default, mengimpor item dari instalasi lama atau browser lain, memilih skema warna default, dan menginstal Firefox di perangkat seluler.

Selama tahap pengembangan alpha (malam), rilis Firefox 106 menawarkan kemampuan untuk menyimpan semua informasi aksesibilitas dari semua dokumen dalam proses utama Firefox dalam upaya untuk meningkatkan kinerja pembaca layar dan aplikasi lain yang menggunakan API aksesibilitas.

Mozilla berencana untuk meluncurkan browser web Firefox 106 pada 18 Oktober 2022. Sampai saat itu, jika Anda ingin menguji coba fitur dan peningkatan baru, y Anda dapat mengunduh rilis beta terbaru dari situs web resmi. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis, jadi jangan gunakan untuk pekerjaan produksi apa pun.

Sumber: Google, 9to5linux.com