Firmware Dasharo v1.1 Baru Untuk Papan MSI Z690 – Varian DDR5 Sekarang Didukung, SAYA Nonaktifkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu tonggak open-source yang menarik tahun ini adalah Dasharo/Coreboot yang dipindahkan ke motherboard Intel Alder Lake Z690 modern yang sudah tersedia dan dengan harga yang pantas. Yang dikerjakan oleh insinyur firmware sumber terbuka di 3mdeb difokuskan pada motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 sementara dengan rilis v1.1 hari ini, ada juga dukungan untuk MSI PRO Z690-A WiFi DDR5.
Dengan pembaruan firmware Dasharo v1.1 hari ini untuk MSI PRO Z690-A WiFi DDR4, yang paling menonjol adalah dukungan versi DDR5 dari motherboard ini. Itu berasal dari permintaan dan minat pengguna untuk membuat firmware sumber terbuka ini (sans Intel blobs) berfungsi untuk motherboard MSI serupa dengan dukungan DDR5 daripada DDR4.
Pembaruan firmware Dasharo v1.1 juga sekarang memungkinkan toggling pengontrol PS/2, perlindungan DMA boot awal, opsi untuk mengatur ulang kunci Boot Aman ke default, Intel ME menonaktifkan dukungan sebagai fitur menarik lainnya yang dicari oleh banyak orang, dukungan kata sandi disk SATA, pelaporan kinerja firmware, toggling boot jaringan, pengaturan default tambahan untuk berbagai CPU Alder Lake S, dan berbagai macam perbaikan dan peningkatan lainnya.
Log perubahan yang lebih panjang beserta unduhan untuk binari firmware Dasharo 1.1 baru untuk motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4/DDR5 tersedia dari docs.dasharo.com.

Jika Anda melewatkannya dari musim panas ini, lihat ulasan saya tentang Coreboot/Dasharo di motherboard MSI Alder Lake ini.

Itulah berita seputar Firmware Dasharo v1.1 Baru Untuk Papan MSI Z690 – Varian DDR5 Sekarang Didukung, SAYA Nonaktifkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.