Fitur Baru Paling Menarik Dari Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kecuali reservasi menit terakhir hari ini oleh Linus Torvalds, kernel stabil Linux 6.0 diharapkan akan dibaptis sebelum hari itu berakhir. Linux 6.0 hadir dengan banyak tambahan dukungan perangkat keras yang terkenal dan peningkatan lainnya, berikut adalah pengingat tentang semua hal hebat tentang rilis kernel yang akan segera terjadi ini.
Kembali pada pertengahan Agustus setelah jendela penggabungan Linux 6.0, saya menulis daftar fitur Linux 6.0 saya yang biasa untuk mereka yang tertarik. Untuk artikel hari ini adalah rekap dari beberapa perubahan yang paling menarik, lihat artikel yang ditautkan sebelumnya untuk cakupan lengkap perubahan v6.0.
– GPU diskrit Intel Arc Graphics seperti A750 dan A770 dapat berjalan pada driver kernel i915 DRM kernel Linux 6.0! Tapi itu masih eksperimental di Linux 6.0 sehingga memerlukan opsi “force_probe” untuk mengaktifkannya. Tapi setidaknya dengan Linux 6.0 sekarang mungkin menggunakan kartu grafis diskrit desktop Intel baru yang dipasangkan dengan tumpukan Mesa yang diperbarui.
– Lebih banyak pengaktifan AMD RDNA3, semoga cukup untuk bekerja dengan kartu grafis seri Radeon RX 7000 yang akan datang. Kita lihat saja saat peluncuran, tapi mudah-mudahan semua bagian yang diperlukan sudah tersedia.
– Dukungan Qualcomm Snapdragon 8xc Gen3 dan dukungan awal untuk laptop Lenovo ThinkPad X13s Arm. Pekerjaan di jalur utama ini masih dalam bentuk awal tetapi setidaknya dapat digunakan dan membuka opsi laptop Arm Linux lainnya.
– Berbagai perubahan penjadwal termasuk beberapa peningkatan keseimbangan NUMA untuk AMD Zen serta AMD CPus sekarang lebih memilih MWAIT daripada HALT.
– Berbagai tambahan Intel Raptor Lake seperti untuk driver pendingin TCC, Raptor Lake P di driver RAPL, Raptor Lake USB4 / Thunderbolt, dan ID Raptor Lake lainnya yang hilang. Ada juga beberapa dukungan Meteor Lake awal seperti dengan kode audio dan di tempat lain.
– Dukungan driver audio untuk platform AMD Ryzen 7000 “Raphael”.
– Dukungan driver blok ruang pengguna IO_uring, berbagai pengoptimalan IO_uring, dan pekerjaan terkait I/O menjanjikan lainnya seperti Btrfs Send Protocol v2.
– Dukungan awal untuk akselerator Intel Habana Labs Gaudi 2.
– API ruang pengguna media H.265/HEVC sekarang dinyatakan stabil.
– Verifikasi run-time untuk sistem kritis keselamatan.
– Berbagai tambahan dukungan perangkat keras lainnya sebagaimana diuraikan dalam gambaran umum fitur utama.
Carilah Linux 6.0 stabil yang diharapkan akan dirilis dalam waktu sekitar dua belas jam dari sekarang. Sementara itu, Anda dapat melihat ikhtisar fitur lengkap Linux 6.0 saya. Lebih banyak tolok ukur Linux 6.0 akan segera hadir di Phoronix.

Itulah berita seputar Fitur Baru Paling Menarik Dari Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.