Fitur Baru Yang Paling Menarik Untuk Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan kernel Linux 6.1 yang akan dirilis akhir pekan ini, berikut adalah melihat kembali perubahan penting yang dapat ditemukan dengan kernel ini. Linux 6.1 selain menjadi versi kernel terakhir tahun ini, jauh lebih penting karena diharapkan menjadi kernel Long Term Support (LTS) yang baru.
Lihat ikhtisar fitur Linux 6.1 saya yang diposting setelah jendela penggabungan v6.1 untuk melihat secara lengkap semua perubahan berkilau dengan kernel baru ini. Di bawah ini adalah melihat beberapa tambahan yang paling menonjol bagi mereka yang kekurangan waktu.
– MGLRU digabungkan dengan kode “Multi-Gen LRU” menjadi peningkatan besar pada kode reklamasi halaman kernel Linux. Itu belum diaktifkan secara default tetapi terbukti sangat menjanjikan dan kemenangan besar untuk kinerja dari perangkat seluler hingga desktop dan server.
– Kode Rust awal digabungkan. Di Linux 6.1, dukungan Rust sebenarnya tidak berguna tetapi hanya kode awal dan batu loncatan untuk kontribusi Rust yang lebih berguna di versi kernel mendatang. Sudah untuk siklus Linux 6.2 ada lebih banyak penambahan Rust di jalan.
– Kode driver AMD Platform Management Framework (PMF) digabungkan untuk meningkatkan efisiensi termal/daya dan kebisingan untuk sistem AMD Ryzen generasi mendatang.
– Bermacam-macam perbaikan driver grafis kernel sumber terbuka dari penanganan firmware Intel GPU yang lebih baik dan lebih banyak peningkatan DG2/Alchemist untuk melanjutkan pekerjaan pada dukungan grafis AMD Radeon RDNA3. Ada bermacam-macam driver DRM yang berfungsi untuk Intel dan AMDGPU siklus ini tetapi tidak ada satu pun perubahan yang benar-benar hebat. Ini untuk siklus Linux 6.2 yang akan datang sementara Intel mempromosikan DG2 Arc Graphics mereka ke stable.
– Optimalisasi kinerja Btrfs yang signifikan dan pekerjaan lain pada sistem file ini yang perlahan-lahan mendapatkan landasan dan memperluas penggunaan di desktop dan server Linux.
– Deteksi otomatis pengguliran resolusi tinggi Logitech HID++ dan mencoba mengaktifkan HID++ untuk semua perangkat Logitech Bluetooth sebagai perubahan yang menyenangkan bagi mereka yang menggunakan perangkat input Logitech.
– Kernel Memory Sanitizer digabungkan sebagai pendeteksi kesalahan memori dinamis untuk nilai yang tidak diinisialisasi dalam kode kernel. Juga di sisi keamanan adalah peringatan tentang pemetaan kernel W+X secara default serta pengerasan Retpoline.
– Pohon Maple digariskan sebagai struktur data kernel baru yang dapat memiliki beberapa manfaat kinerja.

Itulah berita seputar Fitur Baru Yang Paling Menarik Untuk Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.