Fwupd 1.7.3 Dirilis dengan Dukungan untuk Sebagian Besar Perangkat Aman nRF Semikonduktor Nordik


Mario Limonciello hari ini mengumumkan peluncuran fwupd 1.7.3 sebagai pembaruan pemeliharaan ketiga dalam seri fwupd 1.7 terbaru dari utilitas pembaruan firmware yang kuat ini untuk sistem operasi berbasis Linux.

Fwupd 1.7.3 memperkenalkan dukungan untuk perangkat aman Nordic Semiconductor nRF, menambahkan sync-bkc sub-perintah untuk memastikan kumpulan versi firmware yang diketahui, menambahkan dukungan FuArchiveFirmware untuk plugin yang menggunakan arsip sebagai file firmware, menambahkan properti ukuran sektor dan halaman unik ke FuCfiDevice, dan menjadikan dukungan Upower dan powerd opsional.

Di atas semua ini perangkat tambahan, rilis fwupd 1.7.3 memperbaiki berbagai bug untuk meningkatkan dukungan untuk perangkat keras yang ada. Misalnya, ini memperbaiki flashing firmware dari dermaga Lenovo TBT3, meningkatkan dukungan untuk keyboard yang dapat dikonfigurasi Peluncuran System76 dengan menambahkan mekanisme baru untuk menunggunya kembali dari mode DFU, dan meningkatkan dukungan untuk perangkat keras Logitech dengan memanfaatkan versi endian-safe function.

It juga menambahkan beberapa pemeriksaan kewarasan ke pengurai firmware elanfp, memperkenalkan ID instans CFI JEDEC yang berguna saat menggunakan versi yang diperluas vendor, menambahkan mekanisme baru untuk juga memeriksa rentang nilai saat mengurai kunci quirk, dan mengaktifkan integrasi MOTD saat menggunakan pam_motd.

Fwupd 1.7.3 juga menyetel port Thunderbolt offline pada pengontrol host, membuat urutan startup plugin menjadi deterministik, mengabaikan kesalahan USB untuk pemasangan STM32 saat perangkat menghilang, menjadikan pengujian HSI opsional untuk target yang disematkan, dan mencegah peringatan runtime pada intel-spi dengan menggunakan nama bendera huruf kecil.

Terakhir, fwupd tidak lagi menunggu runtime USB ketika will-disappear disetel, dan memperbaiki berbagai bug lain untuk membuat pembaruan firmware bekerja lebih baik pada distribusi GNU/Linux Anda. Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis lengkap di halaman GitHub proyek.

Anda dapat mengunduh fwupd 1.7.3 sekarang juga dari GitHub jika Anda ingin mengompilasinya sendiri, tetapi sebagian besar pengguna harus menunggu versi baru tiba di perangkat lunak stabil repositori distribusi GNU/Linux mereka sebelum memperbarui instalasi mereka.

Juga dirilis hari ini adalah fwupd 1.6.5 sebagai pembaruan pemeliharaan kelima dan mungkin terakhir untuk seri fwupd 1.6, menambahkan dukungan untuk Dell Atomic Dock dan lebih banyak perangkat Synaptics Prometheus, serta peningkatan dukungan untuk dok Lenovo TBT3, dan perbaikan bug untuk gambar BMP.

Sumber: Google, 9to5linux.com