Fwupd 1.8.1 Pembaruan Firmware Linux Membawa Lebih Banyak Dukungan Perangkat Keras dan Fitur Baru


Mario Limonciello hari ini dirilis fwupd 1.8.1 sebagai rilis titik pertama untuk seri fwupd 1.8 terbaru dari utilitas pembaru firmware open-source dan populer ini untuk sistem operasi berbasis Linux.

Fwupd 1.8.1 datang sebulan setelah rilis fwupd 1.8 seri dan memperkenalkan lebih banyak dukungan perangkat keras. Lebih khusus lagi, fwupd sekarang mendukung pembaruan firmware pada mouse nirkabel Corsair KATAR PRO XT, Corsair SABER PRO, dan Corsair KATAR PRO, HP Thunderbolt Dock G4, Lenovo ThinkPad Universal USB-C dock, serta nirkabel Steelseries Aerox 3 dan Steelseries Rival 3 mouse.

Selain itu, fwupd 1.8.1 menambahkan dukungan untuk lebih banyak perangkat nirkabel PixArt, lebih banyak kamera USB SunplusIT, dan beberapa perangkat UFS. Jika Anda memiliki salah satu perangkat ini, Anda harus menginstal versi fwupd baru pada distribusi GNU/Linux Anda untuk memperbarui firmware ke versi yang lebih baru (jika tersedia).

Fwupd 1.8.1 juga menambahkan beberapa fitur baru untuk membuat pembaruan firmware lebih andal, seperti dukungan penulisan arsip untuk perangkat dengan firmware komposit, cara baru untuk membaca firmware komposit perangkat di fwupdtool, kemampuan untuk mengizinkan klien ikut serta menampilkan pembaruan firmware dengan masalah yang dapat diselesaikan pengguna, serta kemampuan untuk mengizinkan perangkat untuk menjeda polling saat menulis firmware.

Selain itu, fwupd sekarang mendukung pengeksporan tingkat baterai sistem dan perangkat pada antarmuka D-Bus dan menambahkan X-UsbReceiver sebagai kategori “pembaruan”, yang dapat diidentifikasi oleh ikon penerima usb.

Mengembangkan cerita…

Sumber: Google, 9to5linux.com