Garuda Linux Memulai 2022 dengan Edisi Cinnamon Baru, Alat Asisten Btrfs

  • Post author:
  • Post category:Linux

Garuda Linux berbasis
Arch Linux memiliki rilis ISO baru untuk memulai 2022 dengan beberapa alat baru yang keren, edisi komunitas baru, dan peningkatan kinerja yang biasa.

Garuda Linux masih mencoba membawa Arch Linux ke massa, dan rilis Garuda Linux 220101 , dijuluki “Elang Ekor Putih”, hadir untuk memperkenalkan edisi komunitas baru yang menampilkan lingkungan desktop Cinnamon yang disukai dan ringan yang dikelola oleh pengembang Linux Mint.

Garuda Linux menawarkan edisi Cinnamon beberapa waktu lalu, tetapi tampaknya edisi tersebut dibatalkan karena tidak adanya pemelihara. Nah, kabar baiknya adalah edisi Cinnamon kembali dengan pengelola baru, menggunakan lingkungan desktop Cinnamon 5.0 dan memberikan pengalaman yang apik kepada pengguna dan banyak opsi penyesuaian.

Hal keren lainnya tentang rilis Garuda Linux yang baru adalah ia memperkenalkan alat baru yang disebut Btrfs Assistant. Ini dipecah dari utilitas Garuda Assistant menjadi aplikasi grafis baru yang memungkinkan Anda mengontrol sistem file Btrfs Anda dengan lebih mudah.

Alat Asisten Btrfs memiliki beberapa fitur baru, seperti dukungan untuk memulihkan snapshot dengan subvolume bersarang di bawahnya, juga sebagai kemampuan untuk memulihkan snapshot bahkan jika subvolumenya dipasang. Lihat aksinya di bawah ini berjalan pada edisi Cinnamon baru!

Rilis Garuda Linux 220101 juga dilengkapi dengan utilitas Pemeliharaan Sistem Garuda yang diperbarui yang sekarang mampu memberi tahu pengguna tentang peningkatan sebagian instalasi mereka, serta sistem yang kedaluwarsa jika mereka belum menerapkan pembaruan selama lebih dari dua minggu. Tentu saja, pemberitahuan ini opsional dan dapat dimatikan.
“Kami mengamati bahwa terutama orang-orang yang baru mengenal Arch [Linux] tidak sering memperbarui sistem atau menyebabkan situasi peningkatan sebagian yang kemudian menyebabkan aplikasi tidak berfungsi. Penambahan notifikasi tersebut akan memberikan bantuan yang diperlukan,” kata tim Garuda Linux.
Edisi komunitas baru lainnya melihat cahaya hari dengan rilis Garuda Linux baru ini, yang dijuluki edisi KDE-git, yang menyediakan ISO barebone bagi mereka yang ingin ikuti perkembangan lingkungan desktop KDE Plasma lebih dekat. Seperti namanya, ia menggunakan banyak paket KDE Plasma -git yang dibuat setiap hari dari Chaotic-AUR, sehingga ditargetkan untuk pengguna berpengalaman.

Terakhir, rilis pertama Garuda Linux pada tahun 2022 menjatuhkan alat tweak kinerja dari instalasi default untuk menawarkan konfigurasi stok yang lebih “netral” dalam upaya untuk menarik lebih banyak pengguna ke Garuda Linux. Alat tweak kinerja akan diminta untuk diinstal oleh utilitas Setup Assistant ketika PC menara klasik terdeteksi. Di sisi lain, edisi dr460nized (KDE Plasma) dan GNOME akan dikirimkan dengan power-profiles-daemon untuk mengontrol profil daya untuk perangkat Anda.

Tentu saja, pembaruan terbaru disertakan dalam rilis Garuda Linux 220101, yang tersedia untuk diunduh sekarang dari situs resmi sebagai KDE Dr460nized, KDE Dr460nized Gaming, KDE Dr460nized BlackArch, GNOME, Xfce, LXQT-Kwin, Cinnamon, MATE, Wayfire, Sway, Qtile, i3, dan edisi BSPWM.

Sumber: Google, 9to5linux.com