GCC 13 Compiler Akhirnya Menambahkan Dukungan Untuk AMD GFX90A “Aldebaran”

Sudah lebih dari setahun yang lalu AMD awalnya menambahkan target “GFX90A” ke back-end kompiler AMDGPU LLVM mereka sementara sekarang minggu ini ditambahkan ke Koleksi Kompilator GNU untuk rilis GCC 13 yang tidak akan keluar sampai tahun depan adalah dukungan GFX90A untuk rantai alat GNU.
GFX90A adalah apa yang kemudian diaktifkan di Linux dengan nama kode “Aldebaran” dan kemudian secara resmi diluncurkan November lalu sebagai seri AMD Instinct MI200.

Dukungan AMDGPU LLVM tetap menjadi fokus utama AMD mengingat dukungan tersebut digunakan dari tumpukan komputasi ROCm hingga driver grafis AMDVLK dan RadeonSI dan di tempat lain. Sementara itu beberapa tahun terakhir CodeSourcery / Mentor Graphics telah mengerjakan back-end “AMDGCN” di dalam kompiler GCC bagi mereka yang ingin menggunakan toolchain kompiler GNU dan mengizinkan OpenMP/OpenACC offloading ke GPU AMD.
CodeSourcery, yang sekarang menjadi bagian dari Siemens, telah menjadi pendorong utama dukungan offload GPU AMD untuk GCC. Dengan tumpukan komputasi resmi AMD dan pekerjaan rekayasa mereka sendiri telah difokuskan pada kompiler AOMP mereka yang didasarkan pada LLVM untuk pembongkaran GPU. AMD untuk bagian mereka juga sudah mengaktifkan “GFX940” sebagai CDNA generasi berikutnya dalam LLVM dan sisa tumpukan grafis AMD Linux untuk apa yang mungkin akan menjadi peluncuran seri AMD Instinct MI300 akhir tahun ini.
Jadi sampai kemarin, GCC 13 Git sudah support GFX90A untuk mendukung seri Aldebaran/MI200. Target AMDGCN di GCC sekarang mendukung Fiji, Vega 10, Vega 20, GFX908, dan GFX90A sebagai target yang tersedia. Dukungan RDNA/RDNA2 tidak tersedia dengan implementasi GCC ini dan belum menjadi fokus CodeSourcery atau kontributor GCC lainnya.

Itulah berita seputar GCC 13 Compiler Akhirnya Menambahkan Dukungan Untuk AMD GFX90A “Aldebaran”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.