GNOME 40.7 Meningkatkan Pelacakan Jendela, Dukungan Multi-Monitor, dan Pemetaan Tablet Wacom


Proyek GNOME hari ini mengumumkan peluncuran GNOME 40.7 sebagai pembaruan pemeliharaan ketujuh untuk seri lingkungan desktop GNOME 40 dengan lebih banyak peningkatan dan perbaikan bug.

GNOME 40.7 hadir untuk meningkatkan pelacakan jendela di Shell GNOME, tweak meminimalkan dan meminimalkan animasi, menyederhanakan scroll fade shader untuk bekerja pada perangkat keras yang lebih lama, meningkatkan penanganan acara sepanjang hari dan tanpa durasi di applet Kalender, dan meningkatkan Magnifier untuk menghindari rendering di luar layar.

Rilis ini juga meningkatkan pemetaan pada tablet Wacom, menambahkan dukungan untuk format ABGR dan XBGR ke subsistem DMA-BUF, meningkatkan dukungan untuk kecepatan refresh campuran dalam pengaturan multi-monitor, serta untuk meningkatkan screencast DMA-BUF dengan jendela layar penuh yang tidak diarahkan.

Selanjutnya, Shell GNOME telah ditingkatkan untuk tidak lagi membangunkan layar dalam mode Jangan Ganggu, segera tarik notifikasi yang macet, dan untuk menjaga fokus keyboard di daftar notifikasi setelah menghapus pesan.

On di sisi lain, jendela Mutter dan manajer komposit mendapat lebih banyak perbaikan, untuk jendela Xwayland yang tidak diarahkan yang tidak diperbarui, layar tidak penuh dari jendela yang dipetakan sebagai layar penuh, serta animasi sakelar ruang kerja di plugin default. Selain itu, applet Window Group dan penanganan kerusakan juga telah diperbaiki.

Beberapa ekstensi Shell GNOME default telah diperbarui juga dalam rilis poin GNOME 40.7. Ini termasuk Daftar Jendela, yang menerima dukungan keyboard di layar yang lebih baik, dan Penempatan Jendela Asli, yang mendapat perbaikan untuk tata letak yang terdistorsi di kisi aplikasi.

Selain itu, aplikasi Pemindaian Sederhana telah diperbarui ke versi 40.7, rilis yang menghapus secara otomatis menyimpan catatan setelah membuat dokumen baru, menambahkan nama perangkat ke label ketika ada beberapa model yang identik, secara otomatis menyimpan properti Sisi Halaman, dan mengganti garis bawah dengan benar dengan spasi di nama pemindai.

Tentu saja, ada juga berbagai pembersihan, bug, perbaikan kerusakan dan kebocoran, peningkatan Wayland, dukungan yang lebih baik untuk sesi non-systemd, serta terjemahan yang diperbarui untuk membuat pengalaman lingkungan desktop GNOME 40 Anda lebih baik.

Karena ini adalah rilis perbaikan bug yang stabil, semua distribusi GNU/Linux dikirimkan dengan lingkungan desktop GNOME 40 secara default didorong untuk meningkatkan ke versi 40.7. Anda dapat mengompilasi GNOME 40.7 dengan menggunakan snapshot resmi proyek BuildStream atau paket sumber individual.

Namun, pengguna akhir harus menunggu paket baru tiba di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux mereka sebelum memperbarui desktop GNOME 40 mereka, yang akan menerima dukungan hingga akhir Maret 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com