GNOME 42 Mutter Lands Fix Untuk Menggunakan Driver Grafis “Radeon” Lama

Ada laporan bug baru-baru ini bagi mereka yang menggunakan GNOME Shell 42 apakah itu seperti Ubuntu 22.04 atau Fedora (Silverblue) 36 Beta karena crash atau layar kosong yang muncul saat menggunakan driver kernel Radeon DRM/KMS. Driver Radeon DRM yang lebih lama itu untuk prosesor grafis pra-GCN 1.2 (selain yang ada di GCN 1.0/1.1 yang beralih menggunakan driver kernel AMDGPU dengan parameter modul opsional) sementara sekarang Mutter telah mendapatkan perbaikan untuk masalah ini.
Kerusakan saat start-up atau layar kosong yang muncul untuk mereka yang menggunakan driver Radeon DRM yang lebih lama sekarang harus diperbaiki dengan kode Git terbaru dan bekerja untuk menunjukkan rilis juga. Ini hanya jika menggunakan driver Radeon DRM yang lebih lama dan bukan driver kernel AMDGPU DRM/KMS yang lebih baru.
Masalahnya ternyata Mutter mencoba menggunakan pengubah buffer KMS bahkan dengan driver kernel Radeon tidak mendukungnya (DRM_CAP_ADDFB2_MODIFIERS).
Mutter sebelumnya menonaktifkan pengubah KMS untuk driver Radeon menggunakan daftar hitam dengan aturan udev tetapi kemudian (secara tidak sengaja?) menjatuhkan daftar hitam pengubah udev ketika aturan Nouveau dan AMDGPU dihapus. Perbaikan yang digabungkan minggu lalu ini sebenarnya memeriksa kemampuan DRM_CAP_ADDFB2_MODIFIERS dan menonaktifkan penggunaan pengubah KMS jika batas itu tidak terbuka dan dengan demikian menghindari daftar hitam/daftar putih khusus driver.
Driver Radeon DRM untuk GPU AMD/ATI lama tidak mendukung pengubah KMS. Sekarang GNOME akan memeriksa kemampuan tersebut dengan benar untuk menghindari masalah.

Jadi pada gilirannya perbaikan ini telah digabungkan dan seharusnya membuat kartu grafis ATI/AMD Radeon yang lama senang dengan GNOME 42.
Jika Anda mengalami crash saat start-up atau masalah layar kosong dengan driver kernel Radeon di GNOME, solusinya juga menggunakan variabel lingkungan MUTTER_DEBUG_USE_KMS_MODIFIERS=0 untuk menonaktifkan pengubah secara manual.

Itulah berita seputar GNOME 42 Mutter Lands Fix Untuk Menggunakan Driver Grafis “Radeon” Lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.