GNOME 43.1 Untuk Mendukung Wayland Pada AMD-Xilinx Kria KR260

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal tahun ini AMD-Xilinx mengumumkan starter kit robotika bertenaga Linux yang memanfaatkan Xilinx`s Kria KR26 SOM yang menampilkan Zynq Ultrascale+ dengan empat core Cortex-A53 dan grafis Mali. Sementara robotika terfokus, ada output DisplayPort dan selama musim panas Canonical telah bekerja untuk membuat papan ini bermain dengan baik dengan desktop GNOME yang didukung Wayland.
Ubuntu 22.04 LTS dan ROS 2 adalah dua sistem operasi yang telah diumumkan secara resmi oleh AMD-Xilinx untuk starter kit robotika ini. AMD dan Canonical dalam kemitraan telah bekerja untuk memastikan desktop Ubuntu dapat berjalan dengan baik pada board berbasis Arm ini. Canonical telah mengerjakan perubahan/perbaikan sehingga sesi GNOME Wayland akan berjalan di Kria KR260.
AMD-Xilinx Kria KR260

Perubahan terakhir telah dibuat dan untuk rilis poin GNOME 43.1 yang akan datang, GNOME upstream dengan compositor Mutter Wayland sekarang harus berperilaku dengan grafis Mali Xilinx Kria KR260. Insinyur Canonical terkenal Daniel van Vugt untuk karyanya di GNOME telah menangani semua perubahan dengan pekerjaan terakhir yang tiba untuk GNOME 43.1.

Selain itu mereka telah memilih perbaikan untuk paket Mutter 42.6 mereka sehingga dukungan ini juga akan ditemukan di Ubuntu 22.04 LTS dengan pembaruan rilis stabil terbaru.
Kria KR260 Robotics Starter Kit dijual seharga $349 USD dan saat ini ditampilkan sebagai lead time 16 minggu. Rincian lebih lanjut di papan di Xilinx.com.

Itulah berita seputar GNOME 43.1 Untuk Mendukung Wayland Pada AMD-Xilinx Kria KR260, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.