GNOME 43 Alpha Dirilis Dengan Peningkatan Browser, Lebih Banyak Porting GTK 4

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dirilis pagi ini adalah alpha dari desktop GNOME 43.
GNOME 43 Alpha keluar untuk pengujian hari ini menjelang rilis desktop resmi GNOME 43.0 pada bulan September. Ada banyak perubahan dalam tonggak pengembangan awal untuk GNOME 43 ini. Beberapa peningkatan utama untuk versi alfa ini meliputi:
– Panggilan GNOME terus melihat tweak UI dan peningkatan lainnya untuk aplikasi VoIP ini.
– GNOME Epiphany sebagai browser web GNOME memiliki arsitektur ulang WebExtensions, perbaikan untuk penanganan unduhan, stylesheet mode pembaca yang ditingkatkan, dukungan Aplikasi Web yang diperbarui, dan berbagai peningkatan lainnya.
– Kotak GNOME untuk virtualisasi sekarang menghormati skema warna sistem, mengubah cabang pengembangannya menjadi “utama”, dan perubahan lainnya.
– Pembuat GNOME telah di-porting ke GTK 4.
– Kalender GNOME menambahkan bilah sisi ke jendela utama, meningkatkan gaya acara, dan peningkatan lain pada UI kalender.
– Pusat Kontrol GNOME menambahkan panel “Keamanan Perangkat”.
– Log GNOME sekarang dapat membuka file jurnal secara langsung, di antara peningkatan kecil lainnya untuk penampil log sistem ini.
– Musik GNOME telah memulihkan dukungan “acak” untuk file audio.
– Akun Online GNOME telah menjatuhkan penyedia Foursquare, Facebook, dan Flickr.
– Perangkat Lunak GNOME menghadirkan peningkatan notifikasi, peningkatan gaya, dukungan untuk Aplikasi Web, dan peningkatan lainnya.
– Editor Teks GNOME sekarang menggunakan dialog baru dari libadwaita, dukungan untuk membuka aliran STDIN lokal dan jarak jauh, peningkatan pemeriksaan ejaan, dukungan deteksi jika instance editor teks gnome sebelumnya mogok, dan penyempurnaan lainnya.
– GNOME Weather memoles widget termometernya dalam tampilan harian.
– Banyak tambahan untuk libadwaita.
– Sysprof telah di-porting ke GTK4.
– Banyak peningkatan GNOME Shell dan Mutter.
Detail lebih lanjut tentang rilis GNOME 43 Alpha hari ini melalui GNOME.org. Gambar pemasangan OS GNOME dengan komponen “43.alpha” juga tersedia untuk pengujian yang mudah.

Itulah berita seputar GNOME 43 Alpha Dirilis Dengan Peningkatan Browser, Lebih Banyak Porting GTK 4, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.