GNOME Mutter & Shell 43 Beta Membawa Beberapa Perubahan yang Sangat Menyenangkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Komponen Shell dan Mutter GNOME telah merilis versi beta mereka untuk pencapaian GNOME 43 ini. Khususnya di sisi Mutter adalah beberapa perubahan yang sangat menarik dari peningkatan hingga pemindaian langsung, dukungan roda gulir resolusi tinggi yang diselesaikan dan digabungkan, berbagai peningkatan Wayland, dan lebih banyak pengoptimalan kinerja.
Pekerjaan komposer GNOME Mutter 43 Beta meliputi:
– Dukungan untuk pemindaian langsung pada GPU tanpa dukungan pengubah buffer. Ini dapat membantu beberapa GPU seperti kartu Polaris AMD Radeon RX 500 series yang lebih lama tanpa dukungan pengubah kabel.
– Dukungan roda gulir resolusi tinggi! Akhirnya! Semua roda gulir resolusi tinggi bekerja dalam beberapa tahun terakhir untuk Wayland dan komponen lainnya sekarang mengarah ke dukungan roda gulir resolusi tinggi untuk GNOME pada sesi X.Org dan Wayland.
– Dukungan untuk pemindaian langsung multi-monitor! Hingga saat ini pemindaian langsung hanya berfungsi untuk konfigurasi tampilan kepala tunggal.
– Alat baru untuk cukup mencetak data konfigurasi tampilan saat ini:

– Menjatuhkan pembatasan kecepatan bingkai mipmap dan pada gilirannya menyebabkan anti-aliasing menjadi konsisten selama pratinjau jendela, dll.
– Dukungan skema warna dasar untuk dekorasi sisi server.
– Dukungan buffer piksel tunggal memanfaatkan protokol Wayland baru sebagai pengoptimalan.
– Perbaikan kerusakan dan kebocoran memori.
Sementara itu GNOME Shell 43 Beta menawarkan:
– Shell akan berhenti mengabaikan pemberitahuan secara otomatis pada perubahan fokus.
– Pengalih perangkat ditambahkan ke penggeser volume.
– Hanya memuat ekstensi yang mendukung mode sesi saat ini.
– Peningkatan kinerja animasi ikhtisar.
– Navigasi kisi aplikasi yang ditingkatkan.
– Perbaikan pada keyboard di layar.
Unduh melalui GitLab GNOME. Rilis resmi beta GNOME 43 akan segera keluar dan ini juga menandai UI / fitur / API / ABI membeku. Kandidat rilis GNOME 43 sementara itu datang pada awal September dan rencananya akan merilis GNOME 43 secara resmi pada 21 September.

Itulah berita seputar GNOME Mutter & Shell 43 Beta Membawa Beberapa Perubahan yang Sangat Menyenangkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.