GNU Coreutils 9.1 Dirilis Dengan Peningkatan Efisiensi

GNU Coreutils 9.1 keluar akhir pekan ini sebagai pembaruan fitur terbaru untuk utilitas inti yang banyak digunakan ini di Linux dan platform lain dengan memasok cp, cat, ls, dan perintah umum lainnya.
GNU Coreutils 9.1 menampilkan berbagai perbaikan, peningkatan, dan perubahan lainnya. Yang menarik bagi saya dengan GNU Coreutils 9.1 adalah berbagai peningkatan efisiensi seperti cat sekarang menggunakan panggilan sistem copy_file_range ke perintah lain menggunakan syscalls yang lebih optimal untuk efisiensi yang lebih besar.
Beberapa sorotan dengan Coreutils 9.1 meliputi:
– Perintah cat sekarang menggunakan panggilan sistem copy_file_range jika tersedia saat melakukan salinan sederhana di antara file biasa. Pada gilirannya ini harus lebih efisien dengan kemungkinan copy offloading / reflinking. Syscall copy_file_range digunakan untuk menyalin rentang data dari satu file ke file lainnya — antara dua deskriptor file tanpa harus melalui ruang pengguna.
– Perintah cp, mv, dan install sekarang menggunakan panggilan sistem seperti openat saat menyalin ke direktori, yang akan menghindari beberapa kondisi balapan dan menjadi lebih efisien.
– Perintah ls tidak lagi mewarnai file dengan kemampuan secara default, karena jarang digunakan dan meningkatkan waktu pemrosesan sekitar 30% per file.
– Perintah ls dan stat tidak akan lagi mencoba memasang file secara otomatis secara default, kembali ke perilaku sebelumnya.
– Chmod`ing rekursif dengan chmod -R tidak akan lagi keluar dengan status kesalahan jika menemukan symlink.
– Memperbaiki perilaku salin (cp) di macOS yang dapat menyebabkan masalah kesalahan penyalinan jika menyalin dari sistem file APFS Apple ke sistem file lain. Ada juga perbaikan macOS lainnya serta cp sekarang membuat klon copy-on-write ketika sumber dan tujuan adalah file biasa di APFS.
Detail lebih lanjut tentang semua perubahan Coreutils 9.1 melalui GNU.org.

Itulah berita seputar GNU Coreutils 9.1 Dirilis Dengan Peningkatan Efisiensi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.