GNU Linux-Libre 5.18-gnu Melanjutkan Pertempurannya Melawan Binary Blob

Membangun dari rilis kernel Linux 5.18 kemarin, orang-orang GNU FSFLA telah merilis kernel GNU Linux-Libre 5.18-gnu sebagai hilir mereka yang menghapus dukungan untuk menggunakan mikrokode/firmware berpemilik atau kemampuan untuk memuat modul kernel hanya biner.
GNU Linux-Libre terus menjadi kernel mereka yang diberkati untuk perangkat lunak bebas murni meskipun mengarah ke fungsionalitas terbatas atau tidak ada dalam kasus di mana mikrokode/firmware berpemilik diperlukan. Ini juga bisa berarti kemungkinan kehilangan pembaruan/perbaikan keamanan dibandingkan dengan mikrokode/firmware yang dimasukkan ke dalam perangkat keras.
Adapun perubahan yang dibuat oleh kru GNU untuk basis ulang Linux 5.18 mereka, sudah banyak churn biasa untuk melawan gumpalan biner ini:
Ini adalah rilis yang sibuk, dengan 7 driver baru yang memerlukan pembersihan untuk menghindari pengguna agar tidak menginstal blob yang mereka butuhkan: panel MIPI DBI, Amphion VPU, MediaTek MT7986 WMAC, Mediatek 7921U (USB) dan Realtek 8852a dan 8852c WiFi, Intel AVS, dan Penguat speaker Texas Instruments TAS5805M. Banyak file DTS ditambahkan untuk SoC Qualcomm AArch64 baru, dan nama gumpalan di dalamnya dibersihkan untuk alasan yang sama.
Driver lain yang sudah ada sebelumnya juga memerlukan pembaruan karena penyebutan gumpalan baru: GPU AMD, MediaTek MT7915 dan Silicon Labs WF200+ WiFi, ethernet kabel Mellanox Spectrum, Realtek rtw8852c, Qualcomm Q6V5 dan Wolfson ADSP, MediaTek HCI UART.
Akhirnya, banyak driver dipindahkan di dalam pohon sumber, dan skrip yang mendorong pembersihan harus diperbarui untuk mencerminkan perubahan tersebut pada driver media, bus MHI, dan GPU AMD. Detail lebih lanjut tentang pembaruan GNU Linux-Libre 5.18-gnu melalui pengumuman rilis.

Itulah berita seputar GNU Linux-Libre 5.18-gnu Melanjutkan Pertempurannya Melawan Binary Blob, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.