Google Merilis Lyra 1.3 Untuk Memajukan Codec Audio Bitrate Sangat Rendah Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pada awal 2021 Google mengumumkan Lyra sebagai codec bitrate sangat rendah yang ditujukan untuk ucapan dengan tujuan agar Lyra dan AV1 memungkinkan untuk obrolan video pada koneksi 56 kbps.
Beberapa bulan setelah pengumuman awal, mereka menerbitkan kode sumber terbuka dan terus mengembangkannya. Keluar minggu ini adalah Lyra versi 1.3 dengan optimasi terbaru mereka.
Lyra 1.3 meningkatkan ini lebih jauh dari sebelumnya dengan peningkatan Lyra 1.2 “V2” pada bulan September. Dengan Lyra 1.3 sekarang kecepatan lebih baik dan kebutuhan penyimpanan berkurang untuk model.
Model berbasis Lyra 1.3 TFLife dikatakan sekitar 43% lebih kecil dari rilis sebelumnya sementara juga sekitar 20% lebih cepat dibandingkan dengan rilis v1.2 sebelumnya. Kemenangan ini datang dengan menggunakan bilangan bulat 8-bit daripada float 32-bit untuk beberapa bobot dan operasi. Kualitas audio Lyra 1.3 dikatakan sama bagusnya dengan rilis sebelumnya sambil menikmati kecepatan tinggi. Namun, bitstream Lyra telah berubah dan tidak kompatibel dengan rilis sebelumnya karena perbedaan bobot.
Unduh dan detail lebih lanjut tentang codec suara Lyra 1.3 melalui GitHub.
Sementara itu Facebook/Meta baru-baru ini mengumumkan EnCodec sebagai teknologi kompresi audio neural fidelitas tinggi dengan tujuan yang mirip dengan Lyra.

Itulah berita seputar Google Merilis Lyra 1.3 Untuk Memajukan Codec Audio Bitrate Sangat Rendah Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.