GraalVM CE 22.1 Dirilis Dengan Peningkatan Kinerja, Dukungan Apple Silicon

Oracle pagi ini menerbitkan rilis fitur GraalVM Community Edition 22.1 untuk distribusi Java/JDK berkinerja tinggi yang juga menyediakan runtime untuk JavaScript, Python, dan bahasa lainnya.
GraalVM 22.1 adalah rilis fitur baru untuk JDK/Java berkinerja tinggi ini dan lingkungan distribusi bahasa JVM lainnya. Oracle juga menerbitkan rilis titik perbaikan bug hari ini dengan GraalVM CE 21.3.2 dan 20.3.6.
GraalVM 22.1 memiliki banyak peningkatan penting untuk pembaruan fitur ini selain perubahan Java/JDK.

GraalVM 22.1 memiliki banyak peningkatan yang dibangun selama beberapa bulan terakhir termasuk:
– Dukungan untuk Apple Silicon berbasis Arm sekarang tersedia dengan GraalVM melalui target darwin-aarch64. Dukungan Apple Silicon ini saat ini dianggap eksperimental.
– Peningkatan ukuran kode untuk membantu mengurangi ukuran executable asli. Juga harus ada peningkatan kinerja dan pengurangan jejak memori untuk generator gambar asli.
– Dukungan JavaScript GraalVM telah menerapkan proposal untuk Intl.NumberFormat v3, Pengelompokan Array, Temporal, dan fitur lainnya.
– Dukungan bahasa Ruby GraalVM telah mengimplementasikan semantik argumen kata kunci Ruby 3, mengurangi jejak memori untuk ekstensi C, dan peningkatan lainnya.
– Dukungan bahasa Python GraalVM sekarang dapat menangani pembekuan modul yang menyebabkan Python REPL dimulai 30% lebih cepat dan dengan memori 40% lebih sedikit.
– Dukungan runtime LLVM dalam GraalVM menambahkan dukungan untuk penyimpanan lokal thread C/C++, API interop baru, dan peningkatan lainnya.
– Java pada Truffle telah mengimplementasikan pemrosesan referensi eksplisit dalam mode single-threaded sehingga dapat digunakan dalam lebih banyak situasi untuk mencegah kebocoran sumber daya.
Unduhan GraalVM Community Edition melalui GitHub. Detail lebih lanjut tentang perubahan GraalVM 22.1 melalui GraalVM.org.

Itulah berita seputar GraalVM CE 22.1 Dirilis Dengan Peningkatan Kinerja, Dukungan Apple Silicon, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.