Hampir Setengah Juta Baris Kode Driver Grafis Baru Dikirim Untuk Linux 5.19

David Airlie pagi ini mengirimkan pembaruan subsistem Direct Rendering Manager (DRM) untuk jendela gabungan Linux 5.19. Yang paling menonjol dengan pembaruan driver tampilan/grafis DRM untuk versi kernel berikutnya ini adalah banyak pekerjaan pada Intel Arc Graphics DG2/Alchemist dalam menyiapkan dukungan itu plus pengaktifan Raptor Lake awal. serta AMD mempersiapkan produk CDNA Instinct generasi berikutnya dan kartu grafis seri RDNA3 Radeon RX 7000.
Dengan semua pekerjaan pemberdayaan yang dilakukan oleh Intel dan AMD untuk perangkat grafis terbaru mereka, tarikan DRM ini adalah masalah besar lainnya. Tarik memiliki 1302 file yang diubah, 495.793 baris kode baru, dan 32.019 baris kode yang dihapus. Sebagian besar baris baru berada di sisi driver grafis AMD karena file header yang dibuat secara otomatis dan header lain yang terkait dengan memunculkan blok IP baru untuk RDNA3. Tarikan inilah yang sekarang mendorong driver grafis AMD di atas 4 juta baris kode di kernel Linux.

Pengandar grafis Intel menambahkan ID PCI untuk berbagai GPU laptop DG2 “motherboard down”, dukungan awal Raptor Lake P, dukungan awal Raptor Lake S, mesin komputasi ABI sekarang terbuka untuk DG2, berbagai fitur DG2 lainnya berfungsi, platform Arctic Sound M informasi ditambahkan, dukungan DisplayPort HDR untuk Haswell dan yang lebih baru, pengaktifan PCI BAR kecil, dan berbagai perubahan lainnya. DG2/Alchemist tetap menjadi fokus kode oleh pengembang driver Intel open-source sementara baru-baru ini lebih banyak kode Ponte Vecchio juga telah keluar tetapi tidak ada yang utama di sisi PVC di kernel ini.
Di sisi grafis AMD Radeon ada berbagai blok IP baru yang diaktifkan seperti SMU 13.x, SOC21, dan lainnya. Masih ada lebih banyak pekerjaan yang diperlukan tetapi persiapan sedang berlangsung baik untuk kartu grafis CDNA dan RDNA3 generasi berikutnya yang diharapkan akhir tahun ini. Pemberdayaan ini akan datang blok demi blok sebagai bagian dari pendekatan pemberdayaan driver open-source baru mereka.
Beberapa pekerjaan lain termasuk driver Qualcomm MSM DRM yang menambahkan dukungan eDP, dukungan AArch64 untuk driver QXL, dukungan Allwinner D1 pada driver Sun4i, dukungan DisplayPort pada driver ASpeed ​​AST, dukungan MediaTek MT8186, dukungan Rockchip VOP2, dan perubahan pada driver yang lebih kecil .
Permintaan tarik DRM besar untuk Linux 5.19 sekarang keluar di LKML menunggu tindakan oleh Linus Torvalds.

Itulah berita seputar Hampir Setengah Juta Baris Kode Driver Grafis Baru Dikirim Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.