HasVK Memangkas Beberapa Lemak Untuk Driver Vulkan Perangkat Keras Intel Lama Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan rilis Mesa 22.3 yang baru, salah satu perubahan untuk pengguna perangkat keras vintage adalah pengenalan “HasVK” sebagai driver Vulkan yang dicabangkan dari basis kode ANV Intel.
Hingga saat ini driver Vulkan sumber terbuka Intel ANV telah mendukung grafis Intel Gen7 dan seterusnya melalui DG2/Alchemist Arc Graphics terbaru mereka, tetapi dengan driver ini membagi kode “HasVK” baru bertanggung jawab untuk grafis Gen7/Gen8 sedangkan Skylake Grafik “Gen9” dan yang lebih baru adalah fokus dari driver ANV.
Menempatkan dukungan perangkat keras Gen7/Gen8 tertua ke driver bercabang memudahkan beban pemeliharaan dan pengembangan bergerak maju dengan ANV mengingat perbedaan perangkat keras yang mencolok dan dapat berfokus hanya pada generasi grafis Intel yang lebih baru. Dukungan Vulkan pada perangkat keras Gen7/Gen8 juga tidak terlalu berguna dan sepertinya mereka tidak dapat menangani banyak hal dalam permainan grafis terintegrasi dengan judul-judul modern.

Sebagai pengingat, driver HasVK Gen7/Gen8 ini memengaruhi prosesor Ivy Bridge / Haswell / Broadwell. Sejak perpecahan HasVK, belum ada banyak aktivitas pada driver ini seperti yang diharapkan dengan para insinyur Intel yang berfokus pada prosesor grafis generasi modern dan masa depan mereka.
Menekan Mesa 23.0-devel hari ini adalah pembersihan basis kode dengan membuang banyak kode yang tidak digunakan oleh target Gen7/Gen8 yang lebih lama. 18 tambalan digabungkan yang menghilangkan berbagai fitur khusus untuk grafik Skylake/Gen9 dan yang lebih baru serta beberapa memori khusus grafik diskrit DG2. HasVK juga menghapus dukungan untuk memori lokal perangkat karena itu jelas hanya khusus untuk kartu grafis diskrit Intel yang lebih baru. Ditambah fitur lain seperti dukungan gambar tanpa ikatan yang tidak ditangani oleh perangkat keras Gen7/Gen8 juga dapat dihapus.
Kode gabungan ini sekarang telah meringankan driver HasVK dengan 3,5 ribu baris kode yang tidak perlu.
Sementara itu driver Intel ANV Vulkan terus melihat lebih banyak pekerjaan mendarat untuk Mesa 23.0-devel termasuk VK_KHR_ray_tracing_maintenance1 sekarang diaktifkan untuk dukungan ray-tracing Vulkan untuk dinikmati dengan perangkat keras Arc Graphics. Jika Anda melewatkannya dari awal minggu, lihat pembandingan Linux Arc Graphics A750 / A770 saya yang baru.

Itulah berita seputar HasVK Memangkas Beberapa Lemak Untuk Driver Vulkan Perangkat Keras Intel Lama Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.