Implementasi Mesas Rusticl OpenCL Dapat Mengungguli Radeons ROCm Compute Stack

  • Post author:
  • Post category:Linux

Driver Rusticl Mesa sebagai implementasi OpenCL berbasis Rust modern untuk driver Gallium3D open-source telah menunjukkan bahwa ia mampu mengungguli tumpukan komputasi ROCm open-source AMD untuk setidaknya beberapa GPU dan beban kerja. Karol Herbst dari Red Hat yang telah memimpin pekerjaan di Rusticl sebagai alternatif OpenCL modern untuk pelacak negara OpenCL “Clover” yang tidak aktif dari Mesa membagikan berita bagus. Dengan driver OpenCL baru yang muncul di Mesa 22.3, setidaknya dengan pengujian kartu grafis Radeon RX 6700 XT (RDNA2), ia menemukan bahwa Rusticl dapat mengungguli ROCm pada sistem/perangkat keras yang sama untuk benchmark LuxMark yang populer. LuxMark dengan ROCm pada GPU RDNA2 menghasilkan 36,1 ribu poin sedangkan kode Rusticl saat ini menghasilkan 37,4 ribu poin. Karol mengakhiri tweetnya dengan, “Saya harus mulai mengoptimalkan hal-hal sebelum AMD menutup celah…” ROCm: 36108Rusticl: 37423Saya harus mulai mengoptimalkan hal-hal sebelum @AMD menutup celah… pic.twitter.com/RPp0hGvGtm

— karolherbst (@karolherbst) 14 Oktober 2022Rusticl hanya digabung untuk Mesa 22.3 pada pertengahan September dan sejak itu Karol dan pengembang Mesa lainnya telah membuat driver bekerja dengan RadeonSI, menghilangkan dukungan dGPU, dan bahkan menjalankannya atas Zink untuk eksekusi Vulkan. Tentu saja, ROCm menyediakan lebih banyak fitur dan pustaka komputasi GPU daripada sekadar implementasi OpenCL yang menjadi tujuan Rusticl, tetapi hasil ini tetap cukup menarik mengingat sumber daya yang dicurahkan ke ROCm oleh AMD selama beberapa tahun terakhir. Mudah-mudahan ini akan mengarah pada persaingan yang sehat di antara implementasi OpenCL pada GPU AMD. Sementara itu Rusticl mendapat manfaat dari bekerja di seluruh vendor/driver perangkat keras yang didukung oleh Gallium3D atau jika menempuh rute Zink oleh driver Vulkan yang didukung. Setidaknya untuk LuxMark dan RX 6700 XT, Rusticl sudah dapat mengungguli ROCm seperti yang ditunjukkan oleh Karol Herbst.

Rusticl dari Red Hat memulai awal yang sangat menarik dan akan sangat menarik untuk melihat pengoptimalan kinerja dan fitur baru apa yang muncul selama minggu/bulan ke depan. Mesa 22.3 akan dibekukan fiturnya pada awal November untuk rilis beberapa minggu setelah itu, jadi masih ada waktu untuk mendapatkan lebih banyak optimasi ke dalam rilis perdana ini dengan Rusticl.

Itulah berita seputar Implementasi Mesas Rusticl OpenCL Dapat Mengungguli Radeons ROCm Compute Stack, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.