Implementasi Mesas “Rusticl” Sekarang Dapat Mengelola Untuk Menangani Darktable OpenCL

Rusticl sebagai apa yang dimulai sebagai eksperimen bahasa Rust untuk Mesa dan sekarang telah matang menjadi implementasi OpenCL 3.0 yang berfungsi untuk driver Mesa masih membuat kemajuan dan pada jalur menuju yang akhirnya menjadi mainstream.
Selain suite uji kesesuaian (CTS) OpenCL 3.0 yang berhasil berjalan pada kode Mesa Rusticl bersama dengan berbagai aplikasi uji (termasuk Rusticl yang memiliki dukungan gambar OpenCL), tonggak terbaru untuk menandai daftar tersebut adalah berhasil berjalan dengan OpenCL Darktable mendukung.
@darktable_org berjalan di Rusticl

— karolherbst💉💉💉 (@karolherbst) 4 Mei 2022Karol Herbst dari Red Hat yang telah memimpin pengembangan Rusticl mentweet kemarin bahwa Darktable OpenCL sekarang berhasil bekerja di atas driver ini.
Perangkat lunak fotografi Darktable RAW memiliki jalur akselerasi OpenCL opsional yang sekarang dapat digunakan dengan Rusticl.

Rusticl Mesa terbukti cukup kuat dan diharapkan akan bekerja untuk beban kerja yang lebih banyak daripada status OpenCL Gallium3D “Semanggi” yang mandek pelacak. Rusticl masih perlu digabung ke arus utama, tetapi itu juga akan terjadi semoga dalam waktu dekat.
Ya… Saya memiliki 90 patch pada MR yang menyentuh kode mesa, jadi saya pikir saya perlu solusi untuk yang pertama 🙂 Beberapa di antaranya sudah ada di dalam MR, tetapi tidak semua.

— karolherbst (@karolherbst) 5 Mei 2022Herbst menambahkan bahwa masih ada sekitar 90 patch yang menyentuh kode Mesa yang perlu diperhatikan sebelum memperkenalkan semua kode Rusticl yang baru itu sendiri. Draf MR untuk Rusticl dalam bentuknya saat ini berjumlah sekitar 14 ribu baris kode baru.

Itulah berita seputar Implementasi Mesas “Rusticl” Sekarang Dapat Mengelola Untuk Menangani Darktable OpenCL, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.