Intel Bekerja Pada Penjadwalan Sadar Energi Untuk CPU Hibrida x86

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selama beberapa tahun Arm CPU pada kernel Linux arus utama telah mendukung Energy Aware Scheduling (EAS) sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada penjadwal kernel untuk mempengaruhi keputusan penjadwalannya berdasarkan perkiraan energi yang dikonsumsi oleh inti CPU. EAS menggunakan model energi untuk membantu menempatkan tugas di antara inti besar.LITTLE untuk efisiensi energi yang optimal dan dampak minimal pada throughput. Intel telah bekerja untuk akhirnya mendukung Penjadwalan Sadar Energi pada CPU hybrid x86 mereka juga.
Seperti yang ditunjukkan pada benchmark Core i9 12900K kemarin di Linux 6.0, dukungan/kinerja Linux untuk desain prosesor hybrid seperti Alder Lake telah berkembang pesat selama setahun terakhir dengan banyak peningkatan. Masih ada lebih banyak di jalan meskipun dengan “kelas tugas” yang baru-baru ini dikutip untuk CPU hybrid dan integrasi Direktur Thread yang tepat. Elemen lain yang sedang dikerjakan oleh Intel adalah dukungan Penjadwalan Sadar Energi.
Len Brown dan Ricardo Neri, keduanya dari Intel, mempresentasikan pada Konferensi Tukang Pipa Linux minggu ini tentang penjadwalan Linux pada perangkat keras arsitektur hibrida Intel. EAS dalam bentuk saat ini tidak cocok dengan desain prosesor Intel tetapi setidaknya Intel memiliki sumber daya teknik dan bakat untuk mengubahnya untuk kernel open-source upstream.

Mengingat fokus Arm asli, EAS saat ini tidak memperhitungkan SMT/HT atau frekuensi / boost turbo atau status P perangkat keras. Ada juga masalah setidaknya dengan Alder Lake di mana P-core bisa “sering” lebih efisien daripada E-core.
Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan menuju Penjadwalan Sadar Energi untuk CPU Intel dapat melihat presentasi Intel LPC Dublin 2022 yang disematkan di bawah ini. Ada juga slide deck (PDF).

Itulah berita seputar Intel Bekerja Pada Penjadwalan Sadar Energi Untuk CPU Hibrida x86, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.