Intel CR 23.35.27191.9 Dirilis Sebagai Pembaruan Besar Pada Tumpukan Komputasi GPU Sumber Terbuka

Intel hari ini menerbitkan Compute-Runtime 23.35.27191.9 sebagai pembaruan terbaru mereka untuk tumpukan komputasi GPU sumber terbuka yang memungkinkan dukungan OpenCL dan oneAPI Level Zero di Linux dan Windows. Karena ini adalah rilis pertama mereka yang ditandai sejak bulan September, ada banyak perubahan yang terjadi.
Intel Compute Runtime 23.35.27191.9 kini tersedia untuk diunduh dengan semua perubahan kode yang dilakukan sejak September. Ada sekitar 260+ komitmen yang memengaruhi 900+ file untuk rilis baru hari ini. Sayangnya Intel belum menerbitkan log perubahan yang terperinci namun ringkas pada pembaruan Compute Runtime terbaru mereka. Namun dalam menggali komitmen Git, ada sedikit segalanya dalam rilis ini.
Perubahan v23.35.27191.9 berkisar dari lebih banyak pengaktifan Meteor Lake, terus mengoptimalkan/menyetel prosesor grafis DG2 (Alchemist), persiapan untuk perubahan arsitektur grafis yang akan datang dengan perangkat keras masa depan, dan mengaktifkan lebih banyak fungsionalitas Level Zero. Di sisi Intel Graphics Compiler (IGC) yang digunakan oleh tumpukan Compute-Runtime juga terdapat banyak perubahan dengan rilis terbarunya, termasuk memulai dukungan Arrow Lake dan pekerjaan perangkat keras/ISA baru lainnya.
Tumpukan grafis sumber terbuka ini terus menyediakan dukungan OpenCL 3.0 dan Level Zero 1.3 untuk grafis terintegrasi Skylake dan yang lebih baru ditambah grafis diskrit Intel yang lebih baru juga. Ya, rangkaian perangkat keras yang didukung oleh tumpukan komputasi GPU Intel ini jauh lebih tangguh dibandingkan ROCm AMD. Untuk DG2/Alchemist, tumpukan komputasi telah berkembang dengan sangat baik dan baru-baru ini diuji di Phoronix dalam Runtime Komputasi Sumber Terbuka Intel yang Berkinerja Semakin Baik Terhadap Driver Linux Kepemilikan NVIDIA.

Kode sumber untuk rilis Intel Compute Runtime baru yang dipasangkan dengan biner Ubuntu/Debian x86_64 bawaan dapat ditemukan melalui GitHub. Mengingat semua perubahan yang ada dalam rilis ini selama beberapa bulan terakhir, saya akan segera menjalankan beberapa tolok ukur baru di Phoronix.

Itulah berita seputar Intel CR 23.35.27191.9 Dirilis Sebagai Pembaruan Besar Pada Tumpukan Komputasi GPU Sumber Terbuka, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.