Intel Kembali Bekerja Pada Dukungan Linear Address Masking Untuk Kernel Linux

Kembali pada bulan Desember 2020, manual referensi pemrograman Intel diperbarui untuk mencakup Linear Address Masking (LAM) sebagai fitur CPU masa depan dan ada beberapa aktivitas rantai alat GNU di sekitar LAM sementara tidak banyak yang melaporkan upaya sejak saat itu — hingga hari ini. Revisi “permintaan komentar” telah diposting di Intel Linear Address Masking yang memungkinkan kernel Linux yang memungkinkan untuk menggunakan bit alamat yang tidak diterjemahkan dari alamat linier 64-bit untuk digunakan untuk menyimpan metadata perangkat lunak arbitrer.
Tambalan ini menggantikan tambalan Intel LAM RFC asli untuk kernel yang keluar pada awal 2021 setelah pembaruan Intel PRM Desember 2020. Patch yang direvisi hari ini memungkinkan bit alamat yang tidak diterjemahkan dari alamat ruang pengguna digunakan untuk metadata. Kode kernel baru menawarkan API berbasis arch_prctl, memperlihatkan status LAM dan fitur lainnya sekarang di bawah /proc/$PID/arch_status , dan kode tersebut harus bekerja dengan kode kernel upstream terbaru.
Linear Address Masking dapat diaktifkan dari ruang pengguna menggunakan fitur “ARCH_THREAD_FEATURE_ENABLE” dengan arch_prctl() untuk X86_THREAD_LAM_U48 mengaktifkan LAM atau X86_THREAD_LAM_U57 untuk pemetaan di atas 47 bit.
Grafik Intel PRM pada LAM.

Ada patch QEMU yang mengekspos LAM untuk tujuan pengujian tetapi tidak upstream. Kemungkinan fungsi LAM akan ditemukan dengan prosesor Xeon “Sapphire Rapids” yang akan datang. Sementara AMD sedang mengerjakan fitur Upper Address Ignore (UAI) dengan Zen 4 yang terdengar mirip dengan Intel LAM.
Lihat patch kernel Linux baru untuk Intel LAM di LKML. Dengan seri tambalan ini masih berada di bawah bendera “RFC”, kemungkinan masih akan menghadapi revisi lebih lanjut sebelum diharapkan menjadi arus utama — semoga dengan perputaran yang lebih cepat di antara iterasi daripada dari seri tambalan asli lebih dari satu tahun yang lalu.

Itulah berita seputar Intel Kembali Bekerja Pada Dukungan Linear Address Masking Untuk Kernel Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.