Intel Memajukan Desain “Kelas IPC” Linux Untuk Meningkatkan Penyeimbangan Beban Untuk CPU Hibrid

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali pada bulan September adalah tambalan besar yang mengatur kelas tugas untuk CPU hybrid dan menerapkan Intel Thread Director untuk Linux dengan lebih baik. Upaya ini untuk meningkatkan kinerja/efisiensi CPU Intel Core modern dengan campuran inti P dan E kini telah melewati tahap “permintaan komentar” dengan seri tambalan baru yang dikirim pada hari Senin.
Insinyur Intel Ricardo Neri mengirimkan 22 patch baru kemarin. Mengingat bahwa proposal sebelumnya tentang memperkenalkan kelas IPC untuk penyeimbangan muatan tidak menerima keberatan yang kuat, dia membatalkan permintaan untuk tag komentar (RFC) dengan harapan pekerjaan ini pada akhirnya berhasil masuk ke kernel arus utama.
Prosesor Intel Alder Lake dan Raptor Lake dapat memanfaatkan tambalan kernel Linux terbaru ini.

Sebagai pengingat tentang semua pekerjaan ini, dari tambalan RFC sebelumnya:
Pada prosesor hibrid, properti mikroarsitektur dari berbagai jenis CPU menyebabkan mereka memiliki kemampuan instruksi-per-siklus (IPC) yang berbeda. IPC bisa lebih tinggi pada beberapa CPU untuk instruksi lanjutan.

Penyeimbang muatan dapat menemukan penggunaan instruksi tingkat lanjut dan memilih CPU dengan IPC lebih tinggi untuk tugas yang menjalankan instruksi tersebut.
Perangkat keras bebas mempartisi set instruksinya ke dalam sejumlah kelas yang berubah-ubah. Itu harus menyediakan mekanisme mengidentifikasi kelas tugas yang sedang berjalan dan menginformasikan kernel tentang kinerja setiap kelas tugas pada setiap jenis CPU.
Patchset ini memperkenalkan konsep kelas tugas, mengusulkan antarmuka yang perlu diimplementasikan perangkat keras, dan mengusulkan perubahan pada penyeimbang muatan untuk memanfaatkan informasi tambahan ini dalam kombinasi dengan pengemasan asimetris.
Patchset ini mencakup implementasi penuh untuk prosesor hibrid Intel menggunakan teknologi Intel Thread Director. Sejak patch asli diposting, sejumlah perbaikan kode dilakukan yang berasal dari peninjauan dan pengujian kode. Opsi CONFIG_SCHED_TASK_CLASSES telah diganti namanya menjadi CONFIG_IPC_CLASSES sebagai salah satu item yang perlu disebutkan. Seri tambalan ini juga menghilangkan kenop CONFIG_INTEL_THREAD_DIRECTOR. Tetapi perubahan lainnya sebagian besar adalah perubahan tingkat rendah untuk membentuk kode ini.

Mereka yang tertarik dengan kelas IPC ini untuk penyeimbangan beban dengan prosesor hybrid dapat melihat tambalan v2 yang sekarang tersedia untuk pengujian. Karena ini adalah 600+ baris kode baru dan masih dalam peninjauan, kemungkinan besar tidak akan dikuadratkan tepat waktu untuk pembukaan jendela penggabungan kernel v6.2 dalam dua minggu. Tapi semoga kode ini dan implementasi Thread Director yang lengkap akan siap untuk rilis kernel Linux pada paruh pertama tahun 2023.

Itulah berita seputar Intel Memajukan Desain “Kelas IPC” Linux Untuk Meningkatkan Penyeimbangan Beban Untuk CPU Hibrid, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.