Intel Mempersiapkan Beberapa Peningkatan Driver Grafis Besar Untuk Linux 5.19

Insinyur sumber terbuka Intel mengirimkan batch awal pembaruan “drm-intel-gt-next” ke DRM-Next hari ini yang ditujukan untuk jendela penggabungan Linux 5.19.
Permintaan tarik hari ini adalah bermacam-macam pembaruan driver grafis Intel untuk Linux 5.19.
Tarikan ini membawa lebih banyak pekerjaan pemberdayaan untuk Intel Arc Graphics DG2/Alchemist. Ada dua tambahan API ruang pengguna baru. Dengan salah satu tambahan ini adalah dukungan untuk membaca tabel biner yang menjelaskan konfigurasi GPU langsung dari blob firmware. Lain ada dukungan sysfs API ruang pengguna baru untuk platform multi-ubin.

Penambahan DG2/Alchemist sejalan dengan apa yang saya tulis baru-baru ini bahwa sepertinya Linux 5.19 dapat menjadi persyaratan dasar untuk dukungan grafis DG2/Alchemist yang baik.
Menarik dengan tarikan ini akhirnya mendaratkan tambalan yang memungkinkan pelaporan penggunaan GPU per klien di ruang pengguna seperti untuk intel_gpu_top. Ini adalah pekerjaan tambalan yang telah kita bicarakan selama empat tahun terakhir dan setelah beberapa kali terhenti sekarang akan menjadi yang utama di Linux 5.19. Sudah lama datang tetapi senang melihatnya akhirnya didukung dengan driver Intle. Driver DRM lain mungkin mendukung antarmuka juga untuk memungkinkan perangkat lunak ruang pengguna menangani pelaporan GPU per klien ini di seluruh driver.
Perbaikan pada logika penyematan frame-buffer driver Intel sekarang memungkinkan compositor Weston Wayland untuk dapat memberikan rendering 60 FPS pada layar 8K.
Kode Intel GuC (pengontrol mikro grafis) juga telah matang ke titik paritas fitur dengan mampu menangani status penangkapan kesalahan setelah GPU hang. Ada juga persiapan GuC di sekitar DG2/Alchemist.
Dukungan Graphics System Controller (GSC) untuk perangkat keras grafis Intel diskrit juga ditambahkan. Dukungan GSC untuk Intel dGPU ini diperlukan untuk manajemen firmware, jalur media yang dilindungi, dan tugas serupa.
Ada juga banyak perbaikan bug dalam tarikan ini, termasuk kemungkinan GPU hang di Tiger Lake dan yang lebih baru saat menggunakan beberapa mesin media.
Last but not least, driver grafis Intel DRM/KMS terus difaktorkan ulang untuk memungkinkan driver membangun (dan akhirnya berjalan) pada perangkat keras non-x86. Karena fokus sebelumnya hanya pada grafis terintegrasi Intel, tidak ada kasus penggunaan untuk mendukung dukungan driver grafis Intel pada perangkat keras non-x86. Tapi sekarang dengan akselerator server dan kartu grafis diskrit, Intel bekerja untuk membuat driver mereka bekerja untuk arsitektur lain yang didukung Linux seperti AArch64 dan RISC-V.
Lihat tarikan ini untuk daftar patch Intel yang dikirimkan hari ini untuk DRM-Next.

Itulah berita seputar Intel Mempersiapkan Beberapa Peningkatan Driver Grafis Besar Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.