Intel Mempersiapkan Dukungan HWMON Untuk Driver Linux Untuk Mengekspos Pelaporan Daya / Tegangan / Energi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara sebagian besar dukungan Intel Arc Graphics “Alchemist” (DG2) muncul untuk Linux 6.0 selain dukungan yang masih tersembunyi di balik bendera yang memerlukan i915.force_probe= untuk benar-benar mengaktifkan dukungan eksperimental, masih ada berbagai fitur GPU diskrit DG2 yang ditangani oleh driver grafis kernel Intel open-source. Salah satu “ekstra” yang masih berjalan ke kernel adalah integrasi subsistem HWMON untuk dapat mengekspos pelaporan daya / tegangan / energi. Intel telah bekerja pada driver kernel i915 untuk berintegrasi dengan infrastruktur pemantauan perangkat keras “HWMON” sehingga nilai tegangan, daya, dan energi untuk perangkat keras grafis diskrit mereka dapat diekspos di Linux. Tentu saja bukan persyaratan untuk penggunaan sehari-hari tetapi tentu bagus untuk dimiliki oleh pengulas dan penggemar yang ingin menganalisis konsumsi daya dan kinerja-per-Watt yang dicapai untuk Arc Graphics di Linux. Untungnya Intel sedang mengerjakan pelaporan kekuatan ini menggunakan HWMON sehingga cocok dengan alat dan solusi pemantauan Linux yang ada. Selain memantau metrik, integrasi HWMON juga memungkinkan pengaturan batas daya PL1/Tau berkelanjutan kartu grafis Intel dalam mikro-Watt. Pada gilirannya mengubah nilai ini dari default akan membatasi frekuensi operasi jika daya rata-rata melalui jendela melebihi batas yang diinginkan. Down-clocking buatan ini dapat digunakan untuk tujuan perbandingan atau mencoba memeras efisiensi ekstra dalam kondisi tertentu. Kartu grafis ASRock Challenger A380 yang baru-baru ini diumumkan.

Integrasi HWMON ini sudah terlambat untuk siklus kernel 6.0 tetapi mudah-mudahan akan selesai tepat waktu untuk 6.1… Mudah-mudahan untuk 6.1 kita akan melihat flag eksperimental pada DG2 dihapus juga jika semua berjalan dengan baik untuk memastikan bahwa ketika kartu grafis desktop Arc Graphics ini dikirimkan di pasar utama akhir tahun ini, mereka diharapkan akan melihat dukungan Linux yang sudah ada — dengan asumsi Anda menggunakan kernel dan Mesa terbaru, dll. Mereka yang tertarik dengan semua detail tentang integrasi i915 HWMON yang sedang berlangsung dapat melihat seri tambalan ini.

Itulah berita seputar Intel Mempersiapkan Dukungan HWMON Untuk Driver Linux Untuk Mengekspos Pelaporan Daya / Tegangan / Energi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.