Intel Mempersiapkan Kernel Linux Untuk LKGS – Bagian Dari FRED

  • Post author:
  • Post category:Linux

Intel pada hari Kamis mengirimkan patch kernel Linux awal untuk mendukung instruksi LKGS yang datang dengan prosesor masa depan. LKGS adalah instruksi x86_64 baru yang awalnya didokumentasikan Intel tahun lalu sebagai bagian dari FRED, spesifikasi Pengembalian Fleksibel dan Pengiriman Acara. Spesifikasi Flexible Return and Event Delivery (FRED) merombak bagaimana transisi ditangani antara tingkat hak istimewa / cincin CPU dengan tujuan memungkinkan transisi latensi yang lebih rendah antara tingkat hak istimewa dan memungkinkan penggunaan perangkat lunak yang lebih kuat. Instruksi LKGS ditambahkan sebagai bagian dari FRED tetapi juga dapat didukung secara independen dari perubahan penanganan interupsi prosesor. LKGS adalah instruksi baru untuk mengelola keadaan register segmen GS secara lebih fleksibel. LKGS adalah singkatan dari “load into IA32_KERNEL_GS_BASE” dan mirip dengan MOV to GS kecuali untuk memuat ke kernel GS base MSR daripada cache deskriptor segmen GS.

LKGS didokumentasikan sebagai bagian dari FRED dengan spesifikasi yang awalnya diterbitkan tahun lalu. Patch kernel ini pada hari Kamis menambahkan dukungan instruksi LKGS oleh kernel Linux yang independen dari FRED. Insinyur Intel Xin Li berkomentar, “LKGS berperilaku seperti instruksi MOV ke GS kecuali bahwa ia memuat alamat dasar ke IA32_KERNEL_GS_BASE MSR alih-alih cache deskriptor segmen GS, yang persis seperti yang dilakukan kernel Linux untuk memuat basis GS tingkat pengguna. Jadi, dengan LKGS, tidak perlu SWAPGS jauh dari basis kernel GS.” Saya tidak percaya Intel telah secara terbuka mengomentari kapan mengharapkan dukungan FRED dengan prosesor mereka, tetapi berdasarkan waktu patch ini muncul sekarang, FRED dan LKGS dapat ditemukan dengan “Emerald Rapids” Xeon Scalable dan kemudian Meteor Lake di sisi klien.

Itulah berita seputar Intel Mempersiapkan Kernel Linux Untuk LKGS – Bagian Dari FRED, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.