Intel Memposting Ulang Patch Linux Untuk Meningkatkan Perilaku Kernel Hybrid CPU + HT/SMT

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali pada bulan Agustus, seorang insinyur Intel memposting seri tambalan untuk membantu Linux pada CPU hibrid Intel dengan Hypr Threading. Pekerjaan yang menguntungkan prosesor Alder Lake dan Raptor Lake yang lebih baru adalah menghindari migrasi yang tidak perlu dalam domain SMT. Akhirnya versi terbaru dari seri tambalan tersebut sekarang telah diposting karena peningkatan hibrid Intel ini bekerja menuju kernel.
Insinyur Intel Ricardo Neri telah memperbarui tambalan penjadwal x86 untuk kernel Linux untuk menghindari migrasi yang tidak perlu dalam domain SMT pada prosesor hibrid Intel dengan campuran inti kinerja “P” dan efisiensi energi “E”. Patch v2 menghindari potensi regresi arsitektur non-x86, mengatasi berbagai masalah yang muncul selama peninjauan kode sebelumnya, dan memiliki pengerjaan ulang kode lainnya.

Ricardo Neri menyimpulkan seri tambalan terbaru ini sebagai:
“asym_packing load balancing digunakan untuk menyeimbangkan beban di antara inti fisik dengan SMT (mis., prosesor Intel yang mendukung Intel Turbo Boost Max 3.0 dan prosesor hibrid) dan di antara saudara kandung SMT dari inti fisik (mis., Power7).
Implementasi saat ini cukup untuk kasus terakhir karena mendukung saudara kandung SMT dengan prioritas lebih tinggi. Namun, dalam kasus sebelumnya, kita harus mempertimbangkan fakta bahwa throughput CPU menurun jika satu atau lebih saudara SMT-nya sibuk. Oleh karena itu, CPU berprioritas lebih rendah yang sepenuhnya menganggur lebih diinginkan daripada CPU berprioritas tinggi dengan saudara kandung SMT yang sibuk.
Agar sesuai dengan implementasi asym_packing saat ini, x86 secara artifisial memberikan prioritas yang lebih rendah ke saudara SMT bernomor lebih tinggi. Pada kenyataannya, tidak ada perbedaan antara salah satu saudara inti SMT.
Jangan gunakan prioritas yang berbeda untuk setiap saudara SMT. Alih-alih, atur logika load balancing asym_packing untuk mempertimbangkan status diam saudara SMT CPU.
Menghapus prioritas buatan ini akan menghindari migrasi yang berlebihan dan membiarkan inti dengan prioritas lebih rendah memeriksa semua saudara SMT untuk antrean tersibuk. Yang terakhir juga diperlukan untuk mendukung kelas tugas IPC, karena CPU tujuan perlu memeriksa tugas yang berjalan pada CPU dengan prioritas yang sama.
Patchset ini seharusnya tidak merusak Power7 SMT8. Fungsionalitas tidak berubah untuk arsitektur yang tidak mengimplementasikan parameter check_smt baru dari sched_prefer_asym().”Lihat seri tambalan ini jika tertarik dengan pekerjaan ini. Semoga peningkatan penjadwal x86 ini dapat diselesaikan tepat waktu untuk Linux 6.2 bulan depan menggabungkan jendela.

Itulah berita seputar Intel Memposting Ulang Patch Linux Untuk Meningkatkan Perilaku Kernel Hybrid CPU + HT/SMT, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.