Intel Menerbitkan Firmware PSE Sumber Terbuka

Tahun lalu pengembang open-source meminta Intel untuk open-source firmware “PSE” mereka. Programmable Services Engine (PSE) yang diperkenalkan dengan Elkhart Lake adalah inti pendamping Arm Cortex-M7 yang bertanggung jawab atas berbagai tugas dan diprogram oleh modul firmware khusus biner. Meskipun dimulai sebagai gumpalan biner berpemilik, firmware PSE kini telah bersumber terbuka! Saya diberi tahu minggu ini bahwa firmware Intel Programmable Services Engine (PSE) sekarang diperlakukan sebagai sumber terbuka. Mesin Layanan yang Dapat Diprogram dengan Elkhart Lake dapat digunakan untuk fungsionalitas pengontrol tertanam (EC), penanganan sensor, proxy jaringan, manajemen jarak jauh, dan tugas lain yang diturunkan ke inti Arm ini. Firmware PSE telah menjadi sumber tertutup sebagai frustrasi bagi pengembang Coreboot dan orang lain yang khawatir tentang memiliki platform terbuka sebanyak mungkin di tingkat yang lebih rendah demi tidak hanya firmware sistem sumber terbuka tetapi juga masalah keamanan. Diagram Danau Elkhart Intel dengan blok PSE baru.

Firmware Intel PSE sedang dibuat sumber terbuka melalui GitHub. Elkhart Lake PSE adalah open-source di bawah lisensi Apache 2.0 dan disertai juga dengan aplikasi sampel dan binari yang dibuat sebelumnya. Firmware Intel PSE sekarang open-source!

Selain firmware PSE menjadi open-source di bawah lisensi Apache 2.0, binari firmware yang dihasilkan juga ditandai sebagai dapat didistribusikan kembali secara eksplisit dalam bentuk biner selama mereka mempertahankan hak cipta Intel dan lainnya pemberitahuan biasa. Di dalam pohon sumber firmware PSE terdapat kode Zephyr RTOS yang digunakan oleh PSE, firmware ECLite, berbagai contoh kode aplikasi, dan banyak lagi. Akan menarik untuk melihat dengan PSE FW menjadi open-source jika mengarah ke kasus penggunaan baru yang menarik untuk Programmable Services Engine. Kerja bagus untuk Intel dalam mendengarkan komunitas pengembang dan mendapatkan firmware sumber terbuka PSE! Sekarang jika saja mereka mau membuka lebih banyak FSP…

Itulah berita seputar Intel Menerbitkan Firmware PSE Sumber Terbuka, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.