Intel Mengirimkan Penanganan Firmware GPU yang Diperbarui, Lebih Banyak Kode Grafis Meteor Lake Untuk Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Insinyur Intel telah mengirimkan batch lain dari perubahan driver grafis kernel “i915” yang ditujukan untuk Linux 6.1 yang mencakup penanganan versi firmware GuC yang diperbarui, lebih banyak pekerjaan DG2/Alchemist Arc Graphics, dan juga lebih banyak pengaktifan Meteor Lake “MTL” untuk penerus Raptor Lake itu.
Kembali ke akhir Agustus Intel mulai mengirimkan lebih banyak perubahan DG2/Alchemist ke DRM-Next untuk mengantre di depan Linux 6.1. Penarikan tambahan yang dikirim ke DRM-Next juga mencakup lebih banyak pekerjaan pemberdayaan untuk Meteor Lake. Pada hari Jumat, satu set perubahan drm-intel-gt-next telah diajukan, sebagian besar melanjutkan tren pengembangan baru-baru ini: pull request ini memiliki lebih banyak pekerjaan DG2/Alchemist serta lebih banyak kode Meteor Lake.

Juga signifikan dengan pull request minggu ini apakah itu berisi pengerjaan ulang untuk menangani firmware versi GuC/HuC. Itu adalah solusi yang tepat untuk masalah yang saya angkat kembali pada bulan Juli bagaimana pembaruan driver Intel untuk Linux 5.19 akan merusak akselerasi grafis karena meningkatkan persyaratan versi firmware GuC untuk Alder Lake P pasca-peluncuran. Sekarang ada panduan yang jelas bagi Intel untuk tidak merusak kompatibilitas firmware pada produk yang dirilis dan perubahan driver minggu ini memastikan versi/pemuatan firmware yang lebih kuat.
Kode lain minggu ini termasuk memperbaiki regresi decoding video perangkat keras H.264 sejak Linux 5.19, peningkatan SLPC GuC, pengaturan penyetelan eksekusi utas untuk Arctic Sound M, membatalkan penangguhan pada kondisi memori sistem rendah, dan berbagai peningkatan tingkat rendah lainnya. Daftar lengkap tambalan untuk minggu ini dapat ditemukan melalui permintaan tarik.
Pekerjaan fitur baru untuk DRM-Next akan segera mereda menjelang pembukaan jendela penggabungan Linux 6.1 pada awal Oktober. Rilis stabil Linux 6.1 tidak akan keluar sampai sekitar akhir tahun. Masih harus dilihat apakah Intel akan mencoba mendeklarasikan dukungan Arc Graphics “DG2” sebagai stabil untuk v6.1 atau apakah mereka akan terus menyembunyikannya di balik tanda fitur eksperimental yang memerlukan opsi i915.force_probe untuk mengaktifkan akselerasi grafis.

Itulah berita seputar Intel Mengirimkan Penanganan Firmware GPU yang Diperbarui, Lebih Banyak Kode Grafis Meteor Lake Untuk Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.