Intel Mengumumkan Rialto Bridge Sebagai Penerus Ponte Vecchio, Membicarakan Falcon Shores & DAOS

  • Post author:
  • Post category:Linux

Intel menggunakan ISC 2022 minggu ini di Hamburg, Jerman untuk memberikan pembaruan pada peta jalan Grup Super Compute mereka dan upaya yang mereka lakukan baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak untuk ekosistem HPC terbuka yang berkelanjutan.

Embargo baru saja dicabut pada Intel Pengumuman ISC 2022 yang mencakup:

Intel telah secara resmi mengumumkan Rialto Bridge sebagai penerus Ponte Vecchio untuk GPU pusat data generasi berikutnya. Rialto Bridge akan menghadirkan hingga 160 Xe Cores, sebuah evolusi arsitektur Ponte Vecchio dengan ubin yang disempurnakan, dan menggunakan teknologi node proses yang lebih baru. Intel bertujuan untuk mulai mengambil sampel Rialto Bridge pada pertengahan 2023.

Intel juga membicarakan Falcon Shores untuk XPU mereka yang menggabungkan inti CPU x86 dan inti grafis GPU Xe ke dalam satu proyek. Falcon Shores masih ditargetkan untuk tahun 2024 dengan kinerja 5x per Watt yang dilaporkan, kepadatan komputasi 5x, dan peningkatan kapasitas memori dan bandwidth 5x.

Selain membicarakan perangkat keras masa depan mereka, Intel juga menggunakan ISC 2022 untuk terus membicarakan upaya perangkat lunak sumber terbuka mereka seputar inisiatif oneAPI mereka dan alat sumber terbuka terkait untuk ekosistem HPC terbuka.

Salah satu proyek sumber terbuka terbaru Intel yang mereka bicarakan di ISC 2022 adalah DAOS sebagai sistem file paralel terdistribusi baru mereka. Intel DAOS dirancang untuk memberikan kinerja maksimum, terintegrasi dengan sistem penyimpanan yang ada, dan menjadi lebih efisien daripada sistem file paralel lain yang ada.

Intel telah mengembangkan DAOS selama beberapa tahun dan telah disebutkan sebelumnya meskipun tidak begitu menonjol. DAOS adalah kependekan dari Distributed Application Object Storage dan ditujukan untuk penggunaan HPC/superkomputer. DAOS awalnya dikerjakan sebagai bagian dari permainan Optane mereka. Detail lebih lanjut tentang implementasi DAOS 2.0 saat ini melalui daos.io.

Sangat menyenangkan melihat Intel terus secara terbuka mempromosikan perangkat lunak sumber terbuka sebagai nilai jual dan menjadikannya bagian besar dari permainan HPC modern mereka. Intel juga terus menggunakan standar terbuka termasuk SYCL sebagai bagian dari portofolio komputasi heterogen mereka.

Itulah berita seputar Intel Mengumumkan Rialto Bridge Sebagai Penerus Ponte Vecchio, Membicarakan Falcon Shores & DAOS, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.